Pengaruh CSR dan GCG terhadap Nilai Perusahaan dengan Profitabilitas sebagai Variabel Moderating
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh CSR dan GCG terhadap nilai perusahaan,serta untuk mengetahui apakah dengan adanya profitabilitas mampu memperkuat atau memperlemah CSR dan GCG terhadap nilai perusahaan. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI (Bursa Efek Indonesia) pada tahun 2015-2017. Metode penelitian yang digunakan dalam penulisan skripsi ini adalah metode kuantitatif, pengumpulan data dengan cara time series. Penelitian ini menggunakan metode purposive sampling dan didapatkan 37 perusahaan. Data diuji menggunakan metode regresi linier berganda dengan Moderated Regression Analysis (MRA). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa CSR memiliki nilai signifikan sebesar 0,001< 0,05 mempengaruhi nilai perusahaan, GCG yang di ukur menggunakan kepemilikan institusional memiliki nilai signifikan sebesar 0,007< 0,05 mepengaruhi nilai perusahaan, kepemilikan manajerial memiliki nilai signifikan sebesar 0,016< 0,05 mempengaruhi nilai perusahaan, dan profitabilitas memiliki nilai sebesar 0,002 <0 0,05 mempengaruhi nilai perusahaan. Profitabilitas mampu memoderasi CSR, kepemilikan institusional tapi profitabilitas tidak bisa memoderasi kepemilikan manajemen.