• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN AKTIF, INOVATIF KREATIF, EFEKTIF, dan MENYENANGKAN ( MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VB MATA PELAJARAN PKn POKOK BAHASAN KEPUTUSAN BERSAMA DI SDN KEJAPANAN IV TAHUN PELAJARAN 2012/2013

    Thumbnail
    View/Open
    Yeni Anggraeni - 090210204013_1.pdf (222.4Kb)
    Date
    2013-12-18
    Author
    Yeni Anggraeni
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Banyak faktor yang menjadi penyebab rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa khususnya pada pelajaran PKn, salah satunya adalah pendekatan atau metode pembelajaran yang diterapkan oleh guru. Berdasarkan hasil observasi di SDN Kejapanan IV, diketahui pendekatan pembelajaran masih berpusat pada guru. Guru hanya menggunakan metode ceramah, tanya jawab, dan penugasan dalam pembelajaran. Selain itu, guru tidak menggunakan media apa-apa dalam pembelajaran PKn. Hal inilah yang menyebabkan kurangnya pemahaman siswa terhadap konsep materi PKn yang diajarkan. Dalam pembelajaran dengan menerapkan pendekatan pembelajaran akti f, inovatif, kreatif, efektif, dan menyenangkan Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VB SDN Kejapanan IV tahun pelajaran 2012/2013 pada pelajaran PKn pokok bahasan keputusan bersama dengan menggunakan pendekatan pembelajaran aktif, inovatif, kreatif, efektif, dan menyenangkan ix menggunakan pendekatan pembelajaran aktif, inovatif, efektif, dan menyenangkan Penelitian ini dilaksanakan di SDN Kejapanan IV Kabupaten Pasuruan dengan subjek penelitian seluruh siswa kelas VI yang berjumlah 32 siswa yang terdiri atas 17 siswa laki-laki dan 15 siswa perempuan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas dan hasil belajar siswa mengalami peningkatan. Persentase aktivitas siswa secara klasikal pada siklus I sebesar 70.89% dengan kriteria aktif dan siklus II sebesar 86.13% dengan kriteria sangat aktif. Peningkatan aktivitas dari siklus I ke siklus II sebesar 15.24%, sedangkan untuk hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan. Persentase hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 62.5% meningkat sebesar 84.37% pada siklus II. Peningkatan hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II sebesar 21.87%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan pendekatan pembelajaran aktif, inovatif, kreatif, efektif, dan menyenangkan
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/9883
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15461]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository