Saluran Distribusi Lampu Tenaga Surya PT. TATS Indonesia di Kabupaten Jember
Abstract
PT. TATS Indonesia cabang Jember merupakan pedagang besar. Perusahaan
dalam kegiatan usahanya untuk mendistribusikan produk lampu tenaga surya yang
langsung didapat dari perusahaan untuk disalurkan kepada distributor selanjutnya
oleh distributor akan disebarkan keseluruh reseller yang dimiliki distributor dengan
menjual kembali sehingga dapat dipakai oleh konsumen dan distributor dapat
langsung menjual produk lampu tenaga surya kepada konsumen. Tujuan dari
penelitian ini adalah untuk mendeskriptifkan tentang pelaksanaan saluran distribusi
lampu tenaga surya PT. TATS Indonesia di Kabupaten Jember. Penelitian ini
menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan metode
observasi dan metode wawancara mendalam dan tidak terstruktur dengan
menggunakan analisis data reduksi data, penyajian, dan penarikan kesimpulan.
Strategi saluran distribusi yang dijalankan PT. TATS Indonesia cabang
Jember dengan menggunakan distributor yang sudah di tunjuk perusahaan sebagai
perantara perusahaan dalam bentuk koperasi bernama Bhineka Tunggal Ika. Saluran
distribusi yang digunakan distributor yaitu saluran distribusi langsung dan tidak
langsung. Pertama Untuk distribusi langsung tujuannya agar produk dekat dengan
konsumen sehingga dapat mengetahui perubahan sikap pelanggan. Kebijakan ini
dilakukan untuk mengetahui reaksi pelanggan terhadap produk lampu tenaga surya.
Saluran distribusi yang kedua yang digunakan adalah Saluran distribusi tidak
langsung yang merupakan salah satu kebijakan distribusi yang dijalankan dengan
mempertimbangkan agar produk lampu tenaga surya mudah diperoleh dimana pun
dan kapan pun konsumen membutuhkannya. Kebijakan ini dilakukan untuk melayani
penjualan secara eceran maupun borongan oleh distributor maupun reseller.
ix
Perusahaan dalam proses pendistribusian produknya menggunakan jasa distributor
maupun reseller yang nantinya akan menyampaikan produk kepada konsumen.
Berbagai cara dilakukan perusahaan agar dapat mencapai segmen pasar yang
lebih luas salah satunya dengan menempatkan produk-produk yang dimiliki
perusahaan kepada distributor yang dimiliki perusahaan. Distributor bertugas untuk
menyalurkan produk dari produsen untuk dapat sampai ketangan konsumen dan juga
menyebar produk kepada reseller yang dimiliki distributor perusahaan. Dengan upaya
yang dilakukan perusahaan tersebut para konsumen akan mendapat kemudahan dalam
mencari produk yang mereka inginkan.
Dengan adanya penelitian ini diharapkan dapat memberikan sumbangan
pemikiran atau masukan yang berarti bagi perusahaan agar dapat digunakan sebagai
bahan pertimbangan dan evaluasi dalam pengambilan keputusan bagi perusahaan
khususnya dalam menentukan saluran distribusi perusahaan ke depannya sehingga
bisa mempertahankan pasar.