PENERAPAN METODE PENEMUAN DALAM PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN IPA POKOK BAHASAN PANCA INDERA MANUSIA DI KELAS IV SD NEGERI KALIWINING 01 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2012/2013
Abstract
Pembelajaran IPA di SD pada umumnya masih menggunakan model
pembelajaran konvensional, yaitu suatu model pembelajaran yang
menitikberatkan pada guru sebagai subyek yang aktif dalam pembelajaran
sedangkan siswa hanya sebagai pendengar materi saja (pasif). Berdasarkan hasil
observasi di SDN Kaliwining 01 Rambipuji Jember ditemukan bahwa dalam
pembelajaran IPA di kelas IV, guru masih menggunakan metode ceramah, tanya
jawab dan pemberian tugas kepada siswa. Hal ini menyebabkan siswa mengalami
kebosanan sehingga pemahaman siswa terhadap materi yang diajarkan tergolong
rendah. Pembelajaran IPA dengan metode penemuan dapat meningkatkan
aktivitas belajar siswa karena siswa membangun pengetahuannya sendiri melalui
kegiatan penemuan yang dilakukan siswa sendiri sehingga siswa lebih mudah
memahami konsep dari materi yang dipelajari.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah peningkatan
aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Kaliwining 01 Jember melalui
penerapan metode pembelajaran penemuan pokok bahasan panca indera manusia.
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa
kelas IV SDN Kaliwining 01 Jember melalui penerapan metode pembelajaran
penemuan pokok bahasan panca indera manusia.
Subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas IV SDN Kaliwining 01
Jember yang berjumlah 46 siswa yang terdiri atas 28 siswa laki-laki dan 18 siswa
perempuan. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas
(PTK). Metode pengumpulan data yang digunakan, yaitu observasi, wawancara,
vii
dokumentasi dan tes. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 3 Desember 2012
sampai dengan 6 Desember 2012 sebanyak dua siklus, masing-masing siklus
terdapat satu kali pertemuan dengan menerapkan metode penemuan dalam
pembelajaran IPA.
Pelaksanaan pembelajaran IPA pokok bahasan panca indera manusia
dengan metode penemuan di kelas IV SDN Kaliwining 01 Jember berjalan sesuai
dengan rencana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode penemuan yang
diterapkan dalam pembelajaran IPA dapat meningkatkan aktivitas dan hasil
belajar siswa. Persentase aktivitas belajar siswa pada siklus I secara klasikal
mencapai 63,16% dengan kategori aktif dan pada siklus II secara klasikal
mencapai 70,77% dengan kategori aktif. Peningkatan aktivitas belajar siswa
secara klasikal dari siklus I ke siklus II sebesar 7,61%. Hasil belajar siswa pada
siklus I mencapai rata-rata 70,2 dan meningkat pada siklus II mencapai rata-rata
80,2. Peningkatan rata-rata hasil belajar siswa secara klasikal dari siklus I ke
siklus II sebesar 10,0.
Kesimpulan penelitian ini adalah penerapan metode penemuan dalam
pembelajaran IPA pokok bahasa panca indera manusia di kelas IV SDN
Kaliwining 01 Jember dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Saran
dalam penelitian ini adalah pembelajaran dengan metode penemuan dapat
dijadikan alternatif bagi guru dalam pembelajaran IPA sebagai upaya dalam
peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa