• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Nursing
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Nursing
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Hubungan Pelaksanaan Peran Keluarga dengan Perkembangan Kemampuan Bahasa Anak Autis di SDLB-B dan Autis TPA Kecamatan Patrang Kabupaten Jember

    Thumbnail
    View/Open
    Dewi Puspita Sari - 082310101053_1.pdf (268.5Kb)
    Date
    2013-12-18
    Author
    Dewi Puspita Sari
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Keluarga merupakan bagian dari manusia yang setiap hari selalu berinteraksi dengan orang lain. Setiap keluarga mempunyai cara yang berbeda dalam melaksanakan perannya. Struktur peran keluarga sebagai salah satu indikator dari struktur keluarga dapat menggambarkan peran setiap anggota keluarga dan peran dalam masyarakat baik formal ataupun informal. Peran keluarga sangat dibutuhkan oleh seorang anak, terutama anak berkebutuhan khusus. Autis merupakan anak berkebutuhan khusus yang mempunyai gangguan dalam perkembangan kemampuan bahasa. Anak autis akan mempunyai kemampuan bahasa yang baik jika keluarga mampu melaksanakan perannya secara optimal. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis hubungan pelaksanaan peran keluarga dengan perkembangan kemampuan bahasa anak autis di SDLB-B dan autis TPA Kecamatan Patrang Kabupaten Jember. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif menggunakan metode observasional analitik dan pendekatan cross sectional. Populasi pada penelitian ini sebanyak 22 responden. Sampel pada penelitian ini terdiri dari 21 responden yaitu keluarga dan anak autis. Teknik pemilihan sampel yang digunakan adalah simple random sampling. Penelitian dilakukan di SDLB-B dan Autis TPA Kecamatan Patrang Kabupaten Jember menggunakan kuesioner dan lembar observasi sebagai alat pengumpul data, sehingga data yang diperoleh adalah data primer. Uji validitas dan reliabilitas menggunakan Pearson Product Moment dan uji Alpha Cronbach. ix Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan peran keluarga terlaksana sebanyak 57,1 % sedangkan peran keluarga tidak terlaksana sebanyak 42,9 %. Perkembangan kemampuan bahasa anak autis buruk sebanyak 61,9 % sedangkan perkembangan kemampuan bahasa baik sebanyak 38,1 % dan terdapat hubungan yang kuat antara pelaksanaan peran keluarga dengan perkembangan kemampuan bahasa anak autis dan berpola positif sehingga semakin besar pelaksanaan peran keluarga semakin baik perkembangan kemampuan bahasa anak autis. Kondisi ini didukung oleh hasil analisa penelitian (R = 0,564). Nilai koefisien dengan determinasi 0,318 artinya persamaan garis regresi yang diperoleh dapat menerangkan 31,8 % variasi perkembangan kemampuan bahasa anak autis atau persamaan garis yang diperoleh cukup baik untuk menjelaskan variabel perkembangan kemampuan bahasa anak autis. Hasil uji statistik didapatkan p value = 0,008 hal ini menunjukkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara pelaksanaan peran keluarga dengan perkembangan kemampuan bahasa anak autis.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/9871
    Collections
    • UT-Faculty of Nursing [1609]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository