Pengaruh Learning Organization dan Kompetensi Terhadap Kinerja Karyawan Tetap PT Jember Intermedia Pers
Abstract
Dalam menghadapi persaingan usaha yang semakin ketat, PT Jember Intermedia Pers berusaha untuk memiliki keunggulan kompetitif. Hal ini membutuhkan sinergitas di dalam internal organisasi dalam hal ini kaitannya dengan sumber daya manusia yang dimiliki. Namun pada implementasinya, terdapat beberapa kendala yang dialami seperti adanya ketidaksesuaian kompetensi karyawan serta munculnya gap pengetahuan yang disebabkan oleh kurangnya kesempatan untuk transfer pengetahuan antar karyawan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh learning organization dan kompetensi terhadap kinerja karyawan PT Jember Intermedia Pers. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Oktober 2019 dan bertempat di tiga kantor PT Jember Intermedia Pers yang berada di Jember, Bondowoso dan Lumajang.
Penelitian ini merupakan explanatory research dengan variabel berupa learning organization (X1), kompetensi (X2), dan kinerja karyawan (Y). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh karyawan tetap PT Jember Intermedia Pers. Teknik sampling yang digunakan adalah teknik sensus, sehingga seluruh populasi merupakan sampel pada penelitian ini. Penelitian ini menggunakan data kualitatif yang dikuantitatifkan menggunakan skala likert. Sumber data yang digunakan pada penelitian ini yaitu data primer yang diperoleh dari wawancara, jawaban kuesioner responden serta data dari website perusahaan. Sedangkan data sekunder yang digunakan berasal dari studi literature dan penelitian terdahulu. Penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa learning organization dan kompetensi secara parsial memiliki pengaruh positif signifikan terhadap kinerja karyawan. Hasil uji t diperoleh 2,632 dan 3,675 lebih besar dari 2,02619 sehingga hipotesis diterima. Learning organization memiliki kontribusi terhadap kinerja karyawan sebesar 0,150, sedangkan kompetensi memiliki kontribusi yang lebih dominan yaitu 0,543.
Pada penelitian ini dapat disimpulkan bahwa learning organization dan kompetensi secara parsial memiliki pengaruh positif signifikan terhadap kinerja karyawan. Apabila dianalisis lebih lanjut, secara keseluruhan indikator learning organization, indikator kompetensi dan indikator kinerja karyawan dapat dipersepsi baik oleh karyawan karena nilai rata-rata jawaban kuesioner memiliki skor antara 4 hingga 5.