dc.contributor.advisor | Wahyudi, Edy | |
dc.contributor.advisor | Julianto, Didik Eko | |
dc.contributor.author | Ayu, Yuniarti N.P.Sc | |
dc.date.accessioned | 2020-04-30T02:20:48Z | |
dc.date.available | 2020-04-30T02:20:48Z | |
dc.date.issued | 2019 | |
dc.identifier.uri | http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/98640 | |
dc.description.abstract | Persaingan bisnis di era globalisasi saat ini semakin ketat. Upaya
menghadapi persaingan tersebut, manajemen perusahaan harus cerdik dalam
menciptakan ikatan tertentu antara produk yang ditawarkannya dengan konsumen.
Salah satu aspek pemasaran yang dilakukan perusahaan yakni menentukan
kebijakan komunikasi pemasaran yang tepat dalam rangka mencapai tujuan
perusahaan baik tujuan jangka panjang maupun tujuan jangka pendek. Penelitian
ini bertujuan untuk mengetahui komunikasi pemasaran di Perusahaan Air Mineral
Al Qodiri (PT. Tujuh Impian Bersama PT.TIB Jember.
Metode penelitian yang digunakan deskriptif dengan paradigma kualitatif.
Penelitian dilakukan pada PT.TIB Jember. Pengumpulan data diperoleh dari
wawancara dengan beberapa informan sesuai dengan tujuan penelitian. Analisis
data yang digunakan adalah domain taksonomi dengan pemeriksaan keabsahan
data menggunakan trianggulasi.
Periklanan dengan menggunakan billboard berjalan dengan efektif karena
semua orang yang melewati jalanan protokol dapat melihat dengan jelas. Promosi
penjualan dengan memberikan kupon hadiah berjalan dengan lancar dan potongan
penjualan. Hal tersebut terlihat dari antusiasme warga yang mengikuti acara
pengundian yang dilaksanakan oleh perusahaan. Penjualan perorangan dengan
menggunakan 9 orang sales yang ditugaskan diberbagai daerah di Kabupaten
Jember juga sangat mempengaruhi penjualan bahkan customer. Selain itu,
penjualan langsung juga dilakukan oleh pihak pengiriman barang. Public relation
atau aktivitas publikasi yang dilakukan dengan melakukan kerja sama dengan
menjadi sponsorship pada beberapa kegiatan edukasi dan social seperti acara manaqib. Kegiatan manaqib memberikan efek yang sangat luar biasa terhadap
perkembangan dan pertumbuhan dari produk air mineral Al Qodiri pada PT.TIB.
Pemasaran langsung dilakukan dengan menawarkan produk kepada konsumen
seperti pada saat acara manakib dan menawarkan produk kepada pelanggan atau
toko dengan menggunakan mobil sudah berjalan optimal . | en_US |
dc.language.iso | Ind | en_US |
dc.publisher | ILMU ADMINISTRASI BISNIS, FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS JEMBER | en_US |
dc.subject | periklanan | en_US |
dc.subject | penjualan personal | en_US |
dc.subject | promosi penjualan | en_US |
dc.subject | public relation | en_US |
dc.subject | pemasaran langsung | en_US |
dc.title | Komunikasi Pemasaran Pada Perusahaan Air Mineral Dalam Kemasan Al Qodiri (PT. Tujuh Impian Bersama) Jember | en_US |
dc.identifier.prodi | ILMU ADMINISTRASI BISNIS | |