• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGARUH LATAR BELAKANG SOSIAL EKONOMI ORANG TUA DAN FASILITAS BELAJAR DI RUMAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN EKONOMI (STUDI KASUS PADA SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 KENCONG KABUPATEN JEMBER TAHUN AJARAN 2010/2011)

    Thumbnail
    View/Open
    SKRIPSI YENIK VIAN ANGGRAENI (050210301073)_001.pdf (421.5Kb)
    Date
    2013-12-18
    Author
    YENIK VIAN ANGGRAENI
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Kegiatan belajar anak di rumah tidak lepas dari peranan orang tua sebagai pihak yang turut bertanggungjawab atas masa depan mereka. Orang tua diharapkan mampu memenuhi kebutuhan anak yang berkaitan dengan keberhasilan pendidikan anaknya terutama dalam pemenuhan fasilitas belajar di rumah. Perhatian dan partisipasi orang tua sangat diperlukan dalam meningkatkan pendidikan anak-anaknya, hal itu perlu didukung oleh pemenuhan fasilitas belajar di rumah. Semua persyaratan tersebut dipengaruhi oleh latar belakang sosial ekonomi orang tua. Setiap siswa pada dasarnya ingin mencapai prestasi belajar yang baik, namun prestasi yang baik ini tidak begitu saja mereka dapatkan, tetapi perlu usaha keras dan perlu adanya daya pendorong yang berupa kelengkapan fasilitas belajar. Banyak kasus penyebab kegagalan studi disebabkan karena kurangnya fasilitas belajar siswa. Latar belakang sosial ekonomi seseorang berbeda-beda, ada yang mempunyai latar belakang sosial ekonomi mampu dan ada juga yang mempunyai latar belakang sosial ekonomi kurang mampu. Indikator yang digunakan untuk variabel latar belakang sosial ekonomi orang tua adalah pekerjaan orang tua, tingkat pendidikan dan tingkat pendapatan orang tua siswa. Fasilitas belajar siswa di rumah sepenuhnya menjadi tanggungjawab orang tua dan kelengkapannya tidak terlepas dari kondisi sosial ekonomi keluarga. Fasiliats belajar adalah segala sesuatu yang diharapakan mampu memberikan kemudahan dan kelancaran dalam proses belajar anak di rumah.Adapun indikator yang digunakan dalam penelitian ini adalah ruang belajar, peralatan dan perlengkapan belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variabel latar belakang sosial ekonomi orang tua dan fasilitas belajar di rumah secara simultan dan secara parsial terhadap prestasi belajar siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Kencong. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif dan bersifat non eksperimental, sehingga dalam penelitian ini hanya ingin mengetahui apakah latar belakang sosial ekonomi orang tua dan fasilitas belajar di rumah siswa berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS SMA Negeri 1 Kencong tahun ajaran 2010/2011. Penentuan lokasi penelitian ditentukan dengan menggunakan metode purposive area. Metode penentuan responden menggunakan metode populasi sejumlah 119 siswa, sedangkan metode pengumpulan data menggunakan metode angket, dokumentasi, dan wawancara. Analisis yang digunakan yaitu analisis deskriptif dan analisis inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa latar belakang sosial ekonomi orang tua dan fasilitas belajar di rumah mempunyai pengaruh secara simultan terhadap hasil belajar siswa. Hal ini dibuktikan dari hasil perhitungan Fhitung (255,430)>F tabel (3,077) dengan tingkat α = 0,05> Sig F = 0,000 yang berarti bahwa variabel latar belakang sosial ekonomi orang tua dan fasilitas belajar di rumah secara simultan mempengaruhi prestasi belajar siswa sebesar 81,5 %. Hasil uji t dari masing-masing variabel bebas terhadap variabel terikat adalah latar belakang sosial ekonomi orang tua (X 1 ) = t hitung = 4,968>ttabel = 1,980 dengan α = 0,05>Sig. = 0,000, fasilitas belajar di rumah (X2 ) = t hitung = 11,569>ttabel = 1,980 dengan α = 0,05>Sig. = 0,000. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa variabel bebas (latar belakang sosial ekonomi orang tua dan fasilitas belajar di rumah) mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap variabel terikat (prestasi belajar). Variabel fasilitas belajar di rumah (X 2 ) mempunyai pengaruh dominan terhadap prestasi belajar siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Kencong.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/9859
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15461]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository