PENGARUH LATAR BELAKANG SOSIAL EKONOMI ORANG TUA DAN FASILITAS BELAJAR DI RUMAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN EKONOMI (STUDI KASUS PADA SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 KENCONG KABUPATEN JEMBER TAHUN AJARAN 2010/2011)
Abstract
Kegiatan belajar anak di rumah tidak lepas dari peranan orang tua sebagai pihak
yang turut bertanggungjawab atas masa depan mereka. Orang tua diharapkan mampu
memenuhi kebutuhan anak yang berkaitan dengan keberhasilan pendidikan anaknya
terutama dalam pemenuhan fasilitas belajar di rumah. Perhatian dan partisipasi orang
tua sangat diperlukan dalam meningkatkan pendidikan anak-anaknya, hal itu perlu
didukung oleh pemenuhan fasilitas belajar di rumah. Semua persyaratan tersebut
dipengaruhi oleh latar belakang sosial ekonomi orang tua. Setiap siswa pada dasarnya
ingin mencapai prestasi belajar yang baik, namun prestasi yang baik ini tidak begitu
saja mereka dapatkan, tetapi perlu usaha keras dan perlu adanya daya pendorong yang
berupa kelengkapan fasilitas belajar. Banyak kasus penyebab kegagalan studi
disebabkan karena kurangnya fasilitas belajar siswa.
Latar belakang sosial ekonomi seseorang berbeda-beda, ada yang mempunyai
latar belakang sosial ekonomi mampu dan ada juga yang mempunyai latar belakang
sosial ekonomi kurang mampu. Indikator yang digunakan untuk variabel latar
belakang sosial ekonomi orang tua adalah pekerjaan orang tua, tingkat pendidikan
dan tingkat pendapatan orang tua siswa. Fasilitas belajar siswa di rumah sepenuhnya
menjadi tanggungjawab orang tua dan kelengkapannya tidak terlepas dari kondisi
sosial ekonomi keluarga. Fasiliats belajar adalah segala sesuatu yang diharapakan
mampu memberikan kemudahan dan kelancaran dalam proses belajar anak di rumah.Adapun indikator yang digunakan dalam penelitian ini adalah ruang belajar, peralatan
dan perlengkapan belajar.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variabel latar belakang
sosial ekonomi orang tua dan fasilitas belajar di rumah secara simultan dan secara
parsial terhadap prestasi belajar siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Kencong. Jenis
penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif dan bersifat non eksperimental,
sehingga dalam penelitian ini hanya ingin mengetahui apakah latar belakang sosial
ekonomi orang tua dan fasilitas belajar di rumah siswa berpengaruh terhadap prestasi
belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS SMA Negeri 1 Kencong
tahun ajaran 2010/2011. Penentuan lokasi penelitian ditentukan dengan menggunakan
metode purposive area. Metode penentuan responden menggunakan metode populasi
sejumlah 119 siswa, sedangkan metode pengumpulan data menggunakan metode
angket, dokumentasi, dan wawancara. Analisis yang digunakan yaitu analisis
deskriptif dan analisis inferensial.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa latar belakang sosial ekonomi orang tua
dan fasilitas belajar di rumah mempunyai pengaruh secara simultan terhadap hasil
belajar siswa. Hal ini dibuktikan dari hasil perhitungan Fhitung (255,430)>F
tabel
(3,077)
dengan tingkat α = 0,05> Sig F = 0,000 yang berarti bahwa variabel latar belakang
sosial ekonomi orang tua dan fasilitas belajar di rumah secara simultan
mempengaruhi prestasi belajar siswa sebesar 81,5 %. Hasil uji t dari masing-masing
variabel bebas terhadap variabel terikat adalah latar belakang sosial ekonomi orang
tua (X
1
) = t
hitung = 4,968>ttabel = 1,980 dengan α = 0,05>Sig. = 0,000, fasilitas belajar
di rumah (X2
) = t
hitung = 11,569>ttabel = 1,980 dengan α = 0,05>Sig. = 0,000.
Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa variabel bebas (latar belakang
sosial ekonomi orang tua dan fasilitas belajar di rumah) mempunyai pengaruh yang
signifikan terhadap variabel terikat (prestasi belajar). Variabel fasilitas belajar di
rumah (X
2
) mempunyai pengaruh dominan terhadap prestasi belajar siswa kelas XI
IPS SMA Negeri 1 Kencong.