PENGGUNAAN MULTIMEDIA (CD INTERAKTIF) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS
Abstract
penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan multimedia (CD
Interaktif) dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 2
Karangsari Sempu pada pokok bahasan jenis-jenis usaha dan kegiatan ekonomi di
Indonesia kelas V semester ganjil tahun ajaran 2009/2010.
Subjek penelitian yang digunakan adalah siswa kelas V semester ganjil di SD
Negeri 2 Karangsari Sempu tahun ajaran 2009/2010. Desain dari penelitian ini
adalah model penelitian tindakan Hopkins yang berbentuk spiral dengan tahapan tiap
siklus yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Untuk memperoleh data
dalam penelitian ini digunakan metode observasi, tes, dokumentasi, dan wawancara.
Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan
motivasi dan hasil belajar siswa yang dapat dilihat dari kegiatan observasi dan aspek
kognitif dan afektif baik dari guru maupun siswa. Hasil analisis data menunjukkan
pada siklus I dengan penggunaan media peraga (CD Interaktif) meningkat 10%
dibanding dengan model pembelajaran sebelumnya atau konvensional. Sedangkan
pada siklus II keefektifan hasil belajar IPS dengan penggunaan media peraga (CD
Interaktif) meningkat 19% dibanding model pembelajaran sebelumnya atau
konvensional.
Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah penggunaan media peraga (CD
Interaktif) dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar mata pelajaran IPS pada
“pokok bahasan jenis-jenis usaha dan kegiatan ekonomi di Indonesia” pada siswa
kelas V semester ganjil di SD Negeri 2 Karangsari Sempu tahun ajaran 2009-2010.