PERAN PUBLIC RELATIONS DALAM MEMBANGUN CITRA PADA HOTEL BINTANG MULIA JEMBER
Abstract
otel Bintang Mulia merupakan salah satu hotel kelas bintang tiga yang ada di
kabupaten Jember. Dalam setiap kegiatan operasionalnya, Hotel Bintang Mulia memiliki
manajemen yang baik dengan mengutamakn pelayanan kepada setiap tamu hotel yang
berkunjung. Hotel Bintang Mulia selalu aktif dalam menjalin komunikasi dengan
khalayak sasaran agar mempunyai citra positif dimata khalayaknya.
Hotel Bintang Mulia dalam berkomunikasi dengan khalayaknya, dimana struktur
organisasinya dibawah General Manager. Tugas dari Public Relations adalah Building
Corporate Identity dan Facing Crisis. Peran Public Relation dalam Building Corporate
Identity adalah berkomunikasi dengan publik internal dan publik eksternal hotel. Peran
public Relations Hotel Bintang Mulia dengan publik internal adalah menjalin komunikasi
yang baik dengan seluruh komponen organisasi hotel seperti misal antara karyawan
dengan manajer hotel; karyawan dengan pemilik hotel; dan krayawan dengan karyawan
yang lain. Peran Public Relations Hotel Bintang Mulia berkomunikasi dengan publik
eksternal adalah agar Public Relations dapat memperkenalkan dan mempublikasikan
tempat dan produk dari Hotel Bintang Mulia kepada masyarakat yang berada di luar
organisasi hotel, seperti menjalin hubungan baik dengan tamu hotel; menjalin hubungan
baik dengan instansi pemerintah; menjalin hubungan baik dengan lembaga pendidikan;
dan lain sebagainya. Peran Public Relations Hotel Bintang Mulia adalah agar Hotel
Bintang Mulia dapat membangun citra perusahaan demi menjaga kelangsungan hidup
organisasi perusahaan.