dc.description.abstract | Komputerisasi dalam akuntansi di perlukan software atau program sebagai
media pembelajaran, tidak hanya cukup software itu saja melainkan dibutuhkan
bantuan secara visual agar materi yang abstrak menjadi lebih konkret bagi siswa.
Proses pembelajaran komputer akuntansi yang selama ini berlangsung di SMK 1
Pancasila Ambulu Jember menggunakan aplikasi MYOB guru hanya
menggunakan powerpoint dan disampaikan secara verbal saja. Guru
menginformasikan bahwa belum ada penggunaan video tutorial sebelumnya,
sehingga belum dapat memotivasi siswa untuk belajar dan siswa hanya terbiasa
mendengarkan ceramah guru. Hal tersebut berdampak pada rendahnya motivasi
belajar siswa, rendahnya motivasi belajar siswa mempengaruhi hasil belajar siswa
dikarenakan jika siswa tidak memiliki motivasi belajar yang baik akan membuat
siswa susah mempelajari dan memahami materi yang telah diberikan guru. Penggunaan aplikasi MYOB dengan bantuan video tutorial yang disajikan
dengan menarik, diharapkan dapat membantu proses pembelajaran dan menjadi
solusi pemecahan masalah yang sudah dipaparkan di atas. Penelitian ini bertujuan
untuk : 1.) Mendeskripsikan proses pembelajaran dengan menggunakan aplikasi
MYOB dengan bantuan video tutorial dalam meningkatkan motivasi dan hasil
belajar siswa kelas XI AK 2 di SMK 1 Pancasila Ambulu Jember pada
kompetensi dasar mengentri transaksi pembelian pada perusahaan dagang
semester genap tahun ajaran 2018/2019. 2) Meningkatan motivasi belajar siswa,kelas XI AK 2 di SMK 1 Pancasila Ambulu Jember pada kompetensi dasar
mengentri transaksi pembelian pada perusahaan dagang semester genap tahun
ajaran 2018/2019. 3) Meningkatkan hasil belajar siswa, kelas XI AK 2 di SMK 1
Pancasila Ambulu Jember pada kompetensi dasar mengentri transaksi pembelian
pada perusahaan dagang semester genap tahun ajaran 2018/2019. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam
2 siklus yang terdiri dari beberapa tahapan yaitu perencanaan, pelaksananaan,
pengamatan dan refleksi. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu
observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan analisis
data deskriptif dengan pendekatan kualitatif, memamparkan data yang diperoleh
dari hasil penelitian yang telah dilaksanakan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan aplikasi MYOB dengan
bantuan video tutorial dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas
XI AK 2 SMK 1 Pancasila Ambulu Jember pada kompetensi dasar mengentri
transaksi pembelian pada perusahaan dagang semester genap tahun ajaran
2018/2019. Peningkatan motivasi belajar siswa dari siklus I ke siklus II meningkat
dari kategori sedang dengan skor rata-rata sebesar 2,58 menjadi tinggi dengan
skor rata-rata sebesar 3,30. Hasil belajar siswa meningkat dari siklus I ke siklus II
dilihat dari nilai rata-rata siswa pada siklus I mencapai 77,5 dengan ketuntasan
secara klasikal sebesar 79,54%, pada siklus II nilai rata-rata siswa meningkat
menjadi 83,09 dengan ketuntasan klasikal sebesar 90,90 %. Sehingga dapat
dikatakan bahwa hasil belajar siswa pada siklus II telah mencapai target
penelitian. Peneliti menyarankan kepada guru mata pelajaran komputer akuntansi
kelas XI AK 2 SMK 1 Pancasila Ambulu Jember agar penggunaan aplikasi MYOB
dengan bantuan video tutorial dapat dijadikan alternatif dalam proses
pembelajaran untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada
kompetensi dasar mengentri transaksi pembelian pada perusahaan dagang. | en_US |