Show simple item record

dc.contributor.advisorKARTINI, Titin
dc.contributor.advisorKANTUN, Sri
dc.contributor.authorANGELINA, Yesy Tiara
dc.date.accessioned2020-04-27T02:58:47Z
dc.date.available2020-04-27T02:58:47Z
dc.date.issued2019-06-20
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/98489
dc.description.abstractKomputerisasi dalam akuntansi di perlukan software atau program sebagai media pembelajaran, tidak hanya cukup software itu saja melainkan dibutuhkan bantuan secara visual agar materi yang abstrak menjadi lebih konkret bagi siswa. Proses pembelajaran komputer akuntansi yang selama ini berlangsung di SMK 1 Pancasila Ambulu Jember menggunakan aplikasi MYOB guru hanya menggunakan powerpoint dan disampaikan secara verbal saja. Guru menginformasikan bahwa belum ada penggunaan video tutorial sebelumnya, sehingga belum dapat memotivasi siswa untuk belajar dan siswa hanya terbiasa mendengarkan ceramah guru. Hal tersebut berdampak pada rendahnya motivasi belajar siswa, rendahnya motivasi belajar siswa mempengaruhi hasil belajar siswa dikarenakan jika siswa tidak memiliki motivasi belajar yang baik akan membuat siswa susah mempelajari dan memahami materi yang telah diberikan guru. Penggunaan aplikasi MYOB dengan bantuan video tutorial yang disajikan dengan menarik, diharapkan dapat membantu proses pembelajaran dan menjadi solusi pemecahan masalah yang sudah dipaparkan di atas. Penelitian ini bertujuan untuk : 1.) Mendeskripsikan proses pembelajaran dengan menggunakan aplikasi MYOB dengan bantuan video tutorial dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas XI AK 2 di SMK 1 Pancasila Ambulu Jember pada kompetensi dasar mengentri transaksi pembelian pada perusahaan dagang semester genap tahun ajaran 2018/2019. 2) Meningkatan motivasi belajar siswa,kelas XI AK 2 di SMK 1 Pancasila Ambulu Jember pada kompetensi dasar mengentri transaksi pembelian pada perusahaan dagang semester genap tahun ajaran 2018/2019. 3) Meningkatkan hasil belajar siswa, kelas XI AK 2 di SMK 1 Pancasila Ambulu Jember pada kompetensi dasar mengentri transaksi pembelian pada perusahaan dagang semester genap tahun ajaran 2018/2019. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus yang terdiri dari beberapa tahapan yaitu perencanaan, pelaksananaan, pengamatan dan refleksi. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan analisis data deskriptif dengan pendekatan kualitatif, memamparkan data yang diperoleh dari hasil penelitian yang telah dilaksanakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan aplikasi MYOB dengan bantuan video tutorial dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas XI AK 2 SMK 1 Pancasila Ambulu Jember pada kompetensi dasar mengentri transaksi pembelian pada perusahaan dagang semester genap tahun ajaran 2018/2019. Peningkatan motivasi belajar siswa dari siklus I ke siklus II meningkat dari kategori sedang dengan skor rata-rata sebesar 2,58 menjadi tinggi dengan skor rata-rata sebesar 3,30. Hasil belajar siswa meningkat dari siklus I ke siklus II dilihat dari nilai rata-rata siswa pada siklus I mencapai 77,5 dengan ketuntasan secara klasikal sebesar 79,54%, pada siklus II nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 83,09 dengan ketuntasan klasikal sebesar 90,90 %. Sehingga dapat dikatakan bahwa hasil belajar siswa pada siklus II telah mencapai target penelitian. Peneliti menyarankan kepada guru mata pelajaran komputer akuntansi kelas XI AK 2 SMK 1 Pancasila Ambulu Jember agar penggunaan aplikasi MYOB dengan bantuan video tutorial dapat dijadikan alternatif dalam proses pembelajaran untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada kompetensi dasar mengentri transaksi pembelian pada perusahaan dagang.en_US
dc.language.isoInden_US
dc.publisherFKIP Program Studi Pendidikan Ekonomi Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosialen_US
dc.relation.ispartofseries150210301046;
dc.subjectAplikasi MYOBen_US
dc.subjectKomputerisasien_US
dc.subjectMYOBen_US
dc.titlePenggunaan Aplikasi Myob Dengan Bantuan Video Tutorial Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa (Studi Kasus Pada Siswa Kelas XI AK 2 Smk 1 Pancasila Ambulu Jember Mata Pelajaran Komputer Akuntansi Kompetensi Dasar Mengentri Transaksi Pembelian Pada Perusahaan Dagang Tahun Ajaran 2018/2019)en_US
dc.typeThesisen_US
dc.identifier.kodeprodi021030


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record