PENGARUH BAURAN PROMOSI TERHADAP KEPUASAN NASABAH PADA PT. BPR WILIS PUTRA UTAMA BANYUWANGI
Abstract
Pengaruh bauran promosi terhadap kepuasaan nasabah di PT. BPR Willis Putra
Utama Banyuwangi
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui signifikansi pengaruh parsial
dan simultan bauran promosi
Penelitian ini dilakukan pada Nasabah PT. BPR Wilis Putra Utama
Banyuwangi. Model penelitian adalah dengan penelitian lapangan
Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi berganda, uji F,
dan uji t. Regresi berganda digunakan untuk menggambarkan model hubungan
antara variabel bebas dan variabel terikat. Uji F sering disebut uji simultan, yang
digunakan untuk menguji apakah variabel independen yang digunakan dalam
model mampu menjelaskan perubahan nilai variabel dependen atau tidak. Uji t
digunakan untuk mengetahui pengaruh masing-masing variabel independen yang
terdiri dari periklanan, promosi penjualan, hubungan masyarakat dan penjualan
pribadi terhadap kepuasaan nasabah.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bauran promosi memiliki
pengaruh yang signifikan hal ini didasarkan pada besarnya nilai F
= 15.485 >
F
tabel
= 2.47, sementara secara parsial nilai -T
vii
hitung
1,
-7.288
4.800
4,
-7.562
,
Tabel
Kesimpulan dari penelitian ini adalah bauran promosi berpengaruh signifikan terhadap kepuasaan nasabah baik secara parsial atau simultan.