• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAN METODE INQUIRY DALAM MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN IPS POKOK BAHASAN AKIBAT PERILAKU MANUSIA TERHADAP LINGKUNGAN DI KELAS IV SDN 1 BAYEMAN ARJASA SITUBONDO TAHUN 2012/2013

    Thumbnail
    View/Open
    Sukriyanto - 100210204157_1.pdf (243.3Kb)
    Date
    2013-12-18
    Author
    Sukriyanto
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Kurang optimalnya pembelajaran IPS di SD disebabkan oleh beberapa hal, salah satunya adalah penggunaan metode yang kurang tepat dalam menumbuhkan aktivitas belajar dan meningkatkan prestasi belajar siswa. Berdasarkan hasil wawancara dengan guru kelas IV SDN 1 Bayeman Arjasa Situbondo, didapatkan informasi bahwa proses pembelajaran yang dilaksanakan guru masih bersifat konvensional dan monoton, hal ini akan berdampak pada rendahnya aktivitas siswa dalam belajar. Dalam tes pra siklus pada mata pelajaran IPS, ditemukan bahwa siswa yang tuntas dalam belajar ada 10 siswa atau 34,48%, sedangkan siswa yang belum tuntas dalam belajar ada 19 siswa atau 65,52%. Hal tersebut menunjukkan bahwa hasil belajar siswa kelas IV SDN 1 Bayeman Arjasa Situbondo dalam mata pelajaran IPS masih rendah, karena belum memenuhi KKM yang disepakati. Salah satu upaya untuk mengatasinya adalah dengan cara memilih metode pembelajaran yang tepat. Metode Inquiry merupakan salah satu metode pembelajaran yang bersifat Student Centre (berpusat pada siswa). Berdasarkan permasalahan tersebut peneliti menentukan rumusan masalah, yaitu Bagaimanakah peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode Inquiry mata pelajaran IPS pokok bahasan akibat perilaku manusia terhadap lingkungan pada siswa kelas IV SDN 1 Bayeman Arjasa Situbondo. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode Inquiry mata pelajaran IPS pokok bahasan akibat perilaku manusia terhadap lingkungan pada siswa kelas IV SDN 1 Bayeman Arjasa Situbondo. x Penelitian ini dilakukan di SDN 1 Bayeman Arjasa Situbondo Tahun Pelajaran 2012/2013. Penentuan subyek penelitian menggunakan metode populasi, yaitu di kelas IV dengan jumlah siswa sebanyak 29 siswa. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model skema penelitian Hopkins dengan menggunakan prosedur kerja yang dipandang sebagai suatu siklus dari perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini digunakan metode observasi, dokumentasi, wawancara, dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah persentase ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa. Pada siklus I secara keseluruhan didapat persentase aktivitas siswa sebesar 69,78%, sedangkan pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 11,54% yaitu menjadi 81,32%, dalam hal ini aktivitas siswa tergolong aktif. Kemudian hasil analisis ketuntasan belajar siswa yang diperoleh dari tes akhir pada siklus I secara klasikal menunjukkan bahwa dari 29 siswa yang tuntas sebanyak 15 siswa dan tidak tuntas 14 siswa dengan prosentase sebesar 51,72%, sedangkan siklus II mengalami peningkatan yang tuntas sebanyak 24 siswa dan tidak tuntas 5 siswa dengan prosentase sebesar 82,76%. sehingga persentase tersebut dapat dikatakan sudah mencapai ketuntasan belajar secara klasikal. Dengan demikian penelitian tindakan kelas ini dinyatakan selesai. Kesimpulan penelitian ini adalah Metode Inquiry dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV SDN 1 Bayeman Arjasa Situbondo. saran yang diberikan peneliti adalah untuk melaksanakan strategi pembelajaran yang bersifat Student Centre maka guru dapat memilih Metode Inquiry dalam proses belajar mengajar agar hasil yang ingin diperoleh dapat lebih optimal.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/9845
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15461]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository