Pengaruh Dimensi Customer Experience dan Kepercayaan terhadap Minat Berkunjung Kembali pada Pengunjung Dira Kencong Jember
Abstract
Banyaknya kekayaan yang dimiliki Indonesia berpeluang besar untuk
dikembangkan pada sektor pariwisata, sehingga menjadikan pariwisata Indonesia
banyak dikunjungi wisatawan nusantara maupun mancanegara. Salah satu strategi
yang dilakukan oleh pemerintah Indonesia dalam mengembangkan pariwisata
yaitu menciptakan program pengembangan desa wisata Indonesia. Setiap desa
diyakini memiliki potensi ekonomi yang dapat dibangun dan dikembangkan.
Pariwisata menjadi salah satu potensi desa, selain pertanian atau perikanan dan
lainnya. Daerah yang ikut serta mengembangkan destinasi wisata desa yaitu
Kabupaten Jember. Kabupaten Jember mengembangkan destinasi wisata keluarga
di daerah pinggiran Kabupaten Jember melalui Dira Park salah satunya Dira
Kencong. Dira Kencong sebagai destinasi wisata diharapkan mempunyai konsep
customer experience, dan menciptakan kepercayaan terhadap wisatawan yang
berkunjung dapat meningkat dengan harapan mereka akan berkunjung kembali
dan merekomendasikan kepada sanak keluarga, rekan, atau orang lain untuk ikut
berkunjung ke Dira Kencong.
Penelitian ini betujuan untuk mengetahui pengaruh dimensi customer
experience (education, esthetics, entertaiment, dan escapism) dan kepercayaan
terhadap minat berkunjung kembali pada pengunjung Dira Kencong. Penelitian ini
menggunakan pendekatan explanatory research dengan menggunakan analisis
regresi linier berganda. Jenis data yang digunakan adalah data kualitatif yang
dikuantitatifkan, dengan sumber data yang berasal dari penyebaran kuesioner.
Metode pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan
memberikan kriteria-kriteria tertentu. Sampel yang digunakan sebanyak 125
responden.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa variabel education, esthetics,
entertaiment, escapism, dan kepercayaan berpengaruh positif signifikan terhadap
minat berkunjung kembali pada pengunjung Dira Kencong.