Pengaruh Kepercayaan, Harga Kompetitif, dan Kualitas Aplikasi terhadap Minat Pembelian Ulang pada Online Travel Agent Traveloka
Abstract
Pada era globalisasi saat ini, teknologi informasi mengalami perkembangan yang sangat pesat. Perkembangan teknologi yang saat ini terjadi yaitu adanya jaringan internet. Keberadaan Internet memberikan berbagai macam kemudahan, terutama bagi para pelaku bisnis. Bagi para pelaku bisnis, jaringan internet sebagai pendukung media elektronik yang dapat membantu dalam kegiatan usaha/perdagangan yang biasa disebut e-commerce. Pelaku bisnis tidak sembarangan dalam melakukan bisnisnya, melainkan melihat peluang dari banyaknya masyarakat di Indonesia sebagai pengguna internet yaitu sebanyak 171,17 Juta pengguna (APJII, 2018). Pada bisnis online saat ini, tidak hanya dilihat oleh usaha jual beli barang, melainkan juga dilihat oleh jasa biro perjalanan (travel). Terdapat beberapa perusahaan Online Travel Agent yang menyediakan pembelian tiket pesawat, tiket kereta api, pemesanan hotel, dan jasa lain melalui situs online nya yaitu Traveloka.com, Pegi-pegi.com, Tiket.com, Trivago.com, dan lain sebagainya. Pada penelitian ini menggunakan objek Traveloka, karena Traveloka merupakan salah satu perusahaan Online Travel Agent yang terbilang sukses dan telah banyak dikenal masyarakat serta telah mendapatkan penghargaan Top Brand Award Tahun (2015-2019) pada kategori situs online booking tiket pesawat dan travel serta pada kategori situs online reservasi hotel (www.topbrand-award.com, 2019). Perusahaan Online Travel Agent seperti Traveloka sangat memberikan kemudahan bagi konsumen, karena cukup melakukan transaksi pemesanan melalui situs atau aplikasi mobile. Aplikasi mobile hadir dalam dua versi, yaitu versi iOS dan Android. Seorang konsumen merasakan puas pada saat menggunakan layanan yang ada di aplikasi maupun situs online Traveloka maka akan menimbulkan rasa/niat untuk membeli kembali.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepercayaan, harga kompetitif, dan kualitas aplikasi terhadap minat pembelian ulang pada online travel agent Traveloka. Penelitian ini menggunakan pendekatan explanatory research dengan menggunakan alat analisis regresi linier berganda. Jenis data yang digunakan adalah data kualitatif yang dikuantitatifkan, dengan sumber data yang berasal dari penyebaran kuesioner secara online. Metode pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan memberikan kriteria-kriteria tertentu. Sampel yang digunakan sebanyak 150 responden.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa variabel kepercayaan, harga kompetitif, dan kualitas aplikasi berpengaruh signifikan terhadap minat pembelian ulang pada online travel agent Traveloka.