dc.contributor.author | YULIANA WIDIA WATI | |
dc.date.accessioned | 2013-12-18T03:55:41Z | |
dc.date.available | 2013-12-18T03:55:41Z | |
dc.date.issued | 2013-12-18 | |
dc.identifier.nim | NIM070210204160 | |
dc.identifier.uri | http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/9839 | |
dc.description.abstract | Penelitian ini dilakukan di SDN Sukowiryo 01 Bondowoso pada tanggal 4
Mei sampai 28 Mei 2011. Subjek penelitian adalah siswa kelas V berjumlah 20 siswa
dengan 12 siswa putri dan 8 siswa putra. Desain penelitian yang digunakan adalah
penelitian tindakan kelas. Prosedur penelitian yang digunakan terdiri dari 2 siklus
yang meliputi perencanaan, tindakan dan observasi, serta refleksi pada tiap siklus.
Pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes dan wawancara. Analisa data
yang digunakan adalah analisa deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian yang diperoleh yaitu presentase aktivitas belajar siswa secara
klasikal pada siklus I sebesar 83,49%. Sedangkan hasil tes menunjukkan bahwa ada 9
siswa yang belum tuntas belajar dari 20 siswa. Presentase ketuntasan hasil belajar
siswa pada siklus I secara klasikal adalah 55% dan belum mencapai standar
ketuntasan belajar secara klasikal, yaitu 75% siswa mendapat ≥ 70. Penelitian
dilanjutkan pada siklus II. Setelah dilakukan tindakan pada siklus II diperoleh
presentase aktivitas belajar siswa sebesar 91,54% dan hasil tes siklus II menunjukkan
bahwa ada 4 siswa yang belum tuntas dari 20 siswa artinya siswa yang tuntas yaitu
80% dan telah memenuhhi standar ketuntasan belajar secara klasikal. Jadi, pada
siklus II terjadi peningkatan presentase aktivitas belajar maupun hasil belajar siswa.
Kesimpulan dari hasil analisa data dan pembahasan bahwa penerapan
pembelajaran menggunakan pendekatan SAVI dapat meningkatkan aktivitas dan hasil
belajar siswa. | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.relation.ispartofseries | 070210204160; | |
dc.subject | Tabung dan Kerucut, Somatis, Auditori, Visual, dan Intelektual (SAVI) | en_US |
dc.title | PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR TABUNG DAN KERUCUT MELALUI PENDEKATAN SOMATIS, AUDITORI, VISUAL, DAN INTELECTUAL (SAVI) PADA SISWA KELAS V SDN SUKOWIRYO 01 BONDOWOSO TAHUN AJARAN 2010/2011 | en_US |
dc.type | Other | en_US |