Show simple item record

dc.contributor.advisorSunardi
dc.contributor.advisorYudianto, Erfan
dc.contributor.authorAribowo, Bayu Exsanty
dc.date.accessioned2020-04-21T23:03:42Z
dc.date.available2020-04-21T23:03:42Z
dc.date.issued2019-12-01
dc.identifier.nim160210101060
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/98355
dc.description.abstractKeterampilan representasi matematis merupakan salah satu tujuan umum dari pembelajaran matematika di sekolah. Kemampuan ini sangat penting bagi siswa dan erat kaitannya dengan kemampuan pemecahan masalah. Untuk dapat mengkomunikasikan penyelesaian masalah, seseorang perlu representasi baik berupa gambar, grafik, diagram, maupun bentuk tulisan. Dengan representasi, masalah yang semula sulit dan rumit dapat diselesaiakan dengan lebih mudah. Kemampuan representasi matematis siswa dapat diukur melalui beberapa indikator kemampuan representasi matematis. Menurut Amelia (2013) indikator representasi matematis siswa adalah sebagai berikut: (1) representasi visual, (2) persamaan atau ekspresi matematis, (3) kata-kata atau teks tertulis. Tujuan dari penelitian ini adalah mendiskripsikan profil keterampilan representasi matematis siswa laki-laki dan perempuan di Streesmutprakan School Thailand dalam menyelesaikan soal PISA konten Shape and Space. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian yaitu siswa Streesmutprakan School Thailand pada kelas Mathayom 3. Penelitian ini menggunakan metode tes yaitu tes kemampuan PISA dan wawancara. Hasil validasi dari soal tes soal PISA dan pedoman wawancara berturut-turut adalah 2,78 dan 2,75 yang artinya seluruh instrumen dikatakan valid. Pada penelitian ini, metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ditujukan kepada siswa Mathayom 3/6 Streesmutprakan School Thailand. Mathayom adalah sebutan kelas di Thailand. Tempat penelitian yaitu di Streesmutprakan School Thailand karena sekolah ini merupakan salah satu sekolah terbaik di Samut Prakan, Thailand. Pada kelas Mathayom 3 atau yang setara dengan kelas 9 ini terdiri atas 10 kelas. Kelas 3/6 merupakan kelas EIS (English Integrated Study), yaitu kelas yang menggunakan Bahasa Inggris dalam pelajaran Matematika, Ilmu Pengetahuan, dan Ilmu komputer. Maka dari itu kelas ini dipilih sebagai subjek penelitian. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti bagaimana kemampuan representasi matematis siswa Streesmutprakan School Thailand dalam menyelesaiakan soal PISA. Pertama-tama peneliti meminta nilai siswa dalam dua kali ulangan terakhir kepada guru matematika. Setelah mendapatkan rekapan nilai dari guru matematika maka dipilih 6 subjek menggunakan metode snowball sampling dengan kategori tinggi, sedang, dan rendah dan dapat berkomunikasi dalam bahasa Inggris dengan baik. Diambil 2 siswa dengan nilai tertinggi, 2 siswa dengan nilai sedang, dan 2 siswa dengan nilai yang rendah. Setelah ditentukan 6 subjek (ST01), (ST02), (SS01), (SS02), (SR01), (SR02) maka diberilah soal PISA sebanyak 3 soal yang kemudian dilakukan tes wawancara setelah pengerjaan soal tes PISA. Hasil dari penelitian ini menunjukkan profil keterampilan representasi matematis siswa laki-laki berkemampuan tinggi (ST01), sedang (SS02), dan rendah (SR02) adalah dominan pada representasi visual. Hal ini dikarenakan siswa laki-laki lebih banyak menjawab soal menggunakan gambar tanpa menjelaskan secara detail, seperti pada soal nomor 1a.en_US
dc.language.isoInden_US
dc.publisherProgram Studi Pendidikan Matematika Jurusan Pendidikan MIPA Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jemberen_US
dc.subjectKeterampilan Representasi Matematisen_US
dc.subjectStreesmutprakan School Thailanden_US
dc.subjectPISA Konten Shape and Spaceen_US
dc.subjectJenis Kelaminen_US
dc.titleProfil Keterampilan Representasi Matematis Siswa Streesmutprakan School Thailand dalam Menyelesaikan Soal PISA Konten Shape and Space Ditinjau dari Perbedaan Jenis Kelamin;en_US
dc.typeThesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record