PENGARUH PEMANFAATAN SUMBER BELAJAR DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN EKONOMI (Studi Kasus Pada Siswa Kelas XI IPS MAN I Jember Tahun Ajaran 2010/2011)
Abstract
Proses belajar mengajar akan berhasil dengan baik jika terjadi komunikasi
yang efisien dan efektif antara siswa dan guru. Guru harus mampu mewujudkan
suasana yang menyenangkan agar siswa aktif dan kreatif, karena guru merupakan
salah satu faktor yang mempengaruhi keberhasilan proses belajar mengajar. Siswa
ikut berperan juga dalam menentukan keberhasilanya dalam pembelajaran, terdapat
dua faktor yaitu eksrenal dan internal. Faktor eksternal meliputi kondisi sosial
ekonomi, lingkungan keluarga, fasilitas belajar baik dirumah atau disekolah,
bimbingan orang tua dan lain-lain. Sedangkan faktor internal terdiri meliputi
kesehatan fisik yang dimiliki masing-masing siswa, bakat, konsentrasi dan lain-lain.
Kedua faktor tersebut mempengaruhi hasil belajar siswa.
Faktor internal merupakan faktor yang berada pada diri siswa sendiri, seperti
sikap mandiri dalam belajar, kemandirian berasal dari kata mandiri yaitu kemampuan
diri sendiri untuk menyelesaikan sebuah permasalahan secara bebas dan inisiatif,
dapat diartikan bahwa siswa yang memiliki sikap mandiri dalam belajar akan
bertanggung jawab dan cenderung tidak bergantung pada temannya. Begitu pula
faktor eksternal yang dapat mempengaruhi belajar adalah sumber belajar, sumber
belajar merupakan bahan-bahan yang dapat dimanfaatkan dalam proses belajar yang
bisa diperoleh melalui orang, barang maupun data yang bisa memberi kemudahan
dalam belajar.
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan dari
pemanfaatan sumber belajar disekolah dan kemandirian belajar yang dimiliki oleh siswa terhadap hasil belajar pada mata pelajaran ekonomi siswa kelas XI IPS MAN I
Jember tahun ajaran 2010/2011. Serta manakah faktor yang berpengaruh paling
dominan terhadap hasil belajar siswa. Metode penentuan responden dalam penelitian
ini menggunakan proporsional random sampling sebanyak 51 siswa, metode
pengumpulan data menggunakan metode angket, wawancara dan dokumentasi.
Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan inferensial.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan sumber belajar dan
kemandirian belajar siswa berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar pada mata
pelajaran ekonomi siswa kelas XI IPS MAN I Jember tahun ajaran 2010/2011. hal ini
ditunjukkan dari hasil perhitungan Fhitung > Ftabel (58,225>4,043) dengan =0,05 >
Sig F = 0,000. Besarnya proporsi sumbangan variabel pemanfaatan sumber belajar
(X1) 47,29%, variabel kemandirian belajar siswa (X2) 23,96 %. Dengan demikian
proporsi sumbangan terbesar variabel bebas terhadap variabel terikat diberikan oleh
variabel pemanfaatan sumber belajar (X1) sebesar 47,29%.