• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGARUH PEMANFAATAN SUMBER BELAJAR DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN EKONOMI (Studi Kasus Pada Siswa Kelas XI IPS MAN I Jember Tahun Ajaran 2010/2011)

    Thumbnail
    View/Open
    SKRIPSI ROSA EMADATIL VIDA PDF_001.pdf (2.812Mb)
    Date
    2013-12-18
    Author
    ROSA EMADATIL VIDA
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Proses belajar mengajar akan berhasil dengan baik jika terjadi komunikasi yang efisien dan efektif antara siswa dan guru. Guru harus mampu mewujudkan suasana yang menyenangkan agar siswa aktif dan kreatif, karena guru merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi keberhasilan proses belajar mengajar. Siswa ikut berperan juga dalam menentukan keberhasilanya dalam pembelajaran, terdapat dua faktor yaitu eksrenal dan internal. Faktor eksternal meliputi kondisi sosial ekonomi, lingkungan keluarga, fasilitas belajar baik dirumah atau disekolah, bimbingan orang tua dan lain-lain. Sedangkan faktor internal terdiri meliputi kesehatan fisik yang dimiliki masing-masing siswa, bakat, konsentrasi dan lain-lain. Kedua faktor tersebut mempengaruhi hasil belajar siswa. Faktor internal merupakan faktor yang berada pada diri siswa sendiri, seperti sikap mandiri dalam belajar, kemandirian berasal dari kata mandiri yaitu kemampuan diri sendiri untuk menyelesaikan sebuah permasalahan secara bebas dan inisiatif, dapat diartikan bahwa siswa yang memiliki sikap mandiri dalam belajar akan bertanggung jawab dan cenderung tidak bergantung pada temannya. Begitu pula faktor eksternal yang dapat mempengaruhi belajar adalah sumber belajar, sumber belajar merupakan bahan-bahan yang dapat dimanfaatkan dalam proses belajar yang bisa diperoleh melalui orang, barang maupun data yang bisa memberi kemudahan dalam belajar. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan dari pemanfaatan sumber belajar disekolah dan kemandirian belajar yang dimiliki oleh siswa terhadap hasil belajar pada mata pelajaran ekonomi siswa kelas XI IPS MAN I Jember tahun ajaran 2010/2011. Serta manakah faktor yang berpengaruh paling dominan terhadap hasil belajar siswa. Metode penentuan responden dalam penelitian ini menggunakan proporsional random sampling sebanyak 51 siswa, metode pengumpulan data menggunakan metode angket, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan sumber belajar dan kemandirian belajar siswa berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar pada mata pelajaran ekonomi siswa kelas XI IPS MAN I Jember tahun ajaran 2010/2011. hal ini ditunjukkan dari hasil perhitungan Fhitung > Ftabel (58,225>4,043) dengan =0,05 > Sig F = 0,000. Besarnya proporsi sumbangan variabel pemanfaatan sumber belajar (X1) 47,29%, variabel kemandirian belajar siswa (X2) 23,96 %. Dengan demikian proporsi sumbangan terbesar variabel bebas terhadap variabel terikat diberikan oleh variabel pemanfaatan sumber belajar (X1) sebesar 47,29%.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/9835
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15281]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository