• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGARUH MOTIVASI DAN PENGUNAAN FASILITAS BELAJAR DI SEKOLAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XI IPS SMA NEGERI 2 JEMBER KABUPATEN JEMBER TAHUN AJARAN 2010/2011.

    Thumbnail
    View/Open
    skripsi novi_001.pdf (472.5Kb)
    Date
    2013-12-18
    Author
    NOVITA EKA ELLYANA
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pendidikan mempunyai peran yang sangat penting bagi pembangunan bangsa dan negara. Peranan yang sangat penting itu adalah perkembangan dan perwujudan sumberdaya manusia yang berkualitas. Upaya untuk meningkatkan hasil belajar, maka dibutuhkan motivasi dalam belajar. Motivasi dipandang sebagai dorongan mental yang menggerakkan dan mengarahkan perilaku manusia, termasuk perilaku belajar. Motivasi dapat bersifat internal, artinya datang dari dirinya sendiri, dapat juga bersifat eksternal, yakni datang dari orang lain, dari guru dan orang tua. Seseorang melakukan usaha karena adanya motivasi. Motivasi belajar dan penggunaan fasilitas belajar dapat mempengaruhi prestasi belajar siswa. Motivasi mendorong dan mengarah minat belajar untuk mencapai tujuan. Adanya dukungan motivasi belajar dan fasilitas belajar yang memadai dapat meningkatkan prestasi belajar optimal, begitu pula sebaliknya kurangnya daya dukung motivasi belajar dan fasilitas belajar dapat menurunkan prestasi belajar, dengan adanya motivasi belajar dengan ditunjang ketersediaan fasilitas belajar yang dimiliki oleh sekolah, diharapkan dapat meningkatkan prestasi belajar siswa yang optimal. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan dari pemberian motivasi dan penggunaan fasilitas belajar siswa di sekolah terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS SMA Negeri 2 Jember tahun ajaran 2010/2011, serta manakah faktor yang berpengaruh paling dominan terhadap prestasi belajar siswa. Metode penentuan daerah penelitian yang digunakan adalah purposive area yaitu SMA Negeri 2 Jember kelas XI IPS. Metode pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah populasi sebanyak 62 siswa, sedangkan metode pengumpulan data menggunakan metode angket, dokumen, wawancara, dan observasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian motivasi dan penggunaan fasilitas belajar di sekolah berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar siswa kelas XI IPS SMA Negeri 2 Jember semester ganjil tahun ajaran 2010/2011. Hal ini ditunjukkan dari hasil perhitungan Fhitung > Ftabel (113,30>3,15) dengan  =0,05 > Sig F = 0,000 dan koefisien determinasi (Rsquare) sebesar 0,793 atau 79,3% yang berarti variabel pemberian motivasi dan pengunaan fasilitas belajar di sekolah di sekolah memberikan sumbangan sebesar 79,3% terhadap prestasi belajar. Besarnya proporsi sumbangan variabel pemberian motivasi (X1) 42,15%, variabel penggunaan fasilitas belajar di sekolah (X2) 37,22%. Dengan demikian proporsi sumbangan terbesar variabel bebas terhadap variabel terikat diberikan oleh variabel pemberian motivasi (X1) sebesar 42,15%. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa pemberian motivasi dan penggunaan fasilitas belajar di sekolah dapat memberikan kontribusi yang positif terhadap prestasi belajar siswa. Hal itu dikarenakan dengan adanya pemberian motivasi yang diberikan oleh guru dan orang tua dapat meningkatkan motivasi belajar siswa, serta dengan adanya pengunaan fasilitas belajar di sekolah mampu memberikan kemudahan bagi siswa dalam melakukan kegiatan belajar, sebab fasilitas belajar yang ada di sekolah dapat membantu dan menunjang kelancaran proses belajar siswa. Sehinga dengan adanya motivasi dan dilengkapi dengan keberadaan fasilitas belajar yang memadai akan mendorong siswa untuk dapat memperoleh prestasi belajar yang maksimal.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/9828
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15429]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository