PENGARUH MOTIVASI DAN PENGUNAAN FASILITAS BELAJAR DI SEKOLAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XI IPS SMA NEGERI 2 JEMBER KABUPATEN JEMBER TAHUN AJARAN 2010/2011.
Abstract
Pendidikan mempunyai peran yang sangat penting bagi pembangunan bangsa
dan negara. Peranan yang sangat penting itu adalah perkembangan dan perwujudan
sumberdaya manusia yang berkualitas. Upaya untuk meningkatkan hasil belajar,
maka dibutuhkan motivasi dalam belajar. Motivasi dipandang sebagai dorongan
mental yang menggerakkan dan mengarahkan perilaku manusia, termasuk perilaku
belajar. Motivasi dapat bersifat internal, artinya datang dari dirinya sendiri, dapat juga
bersifat eksternal, yakni datang dari orang lain, dari guru dan orang tua. Seseorang
melakukan usaha karena adanya motivasi.
Motivasi belajar dan penggunaan fasilitas belajar dapat mempengaruhi
prestasi belajar siswa. Motivasi mendorong dan mengarah minat belajar untuk
mencapai tujuan. Adanya dukungan motivasi belajar dan fasilitas belajar yang
memadai dapat meningkatkan prestasi belajar optimal, begitu pula sebaliknya
kurangnya daya dukung motivasi belajar dan fasilitas belajar dapat menurunkan
prestasi belajar, dengan adanya motivasi belajar dengan ditunjang ketersediaan
fasilitas belajar yang dimiliki oleh sekolah, diharapkan dapat meningkatkan prestasi
belajar siswa yang optimal.
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan dari
pemberian motivasi dan penggunaan fasilitas belajar siswa di sekolah terhadap
prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS SMA Negeri 2
Jember tahun ajaran 2010/2011, serta manakah faktor yang berpengaruh paling
dominan terhadap prestasi belajar siswa. Metode penentuan daerah penelitian yang
digunakan adalah purposive area yaitu SMA Negeri 2 Jember kelas XI IPS. Metode pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah populasi sebanyak 62 siswa,
sedangkan metode pengumpulan data menggunakan metode angket, dokumen,
wawancara, dan observasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis inferensial.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian motivasi dan penggunaan
fasilitas belajar di sekolah berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar siswa
kelas XI IPS SMA Negeri 2 Jember semester ganjil tahun ajaran 2010/2011. Hal ini
ditunjukkan dari hasil perhitungan Fhitung
> Ftabel
(113,30>3,15) dengan
=0,05 > Sig
F = 0,000 dan koefisien determinasi (Rsquare) sebesar 0,793 atau 79,3% yang berarti
variabel pemberian motivasi dan pengunaan fasilitas belajar di sekolah di sekolah
memberikan sumbangan sebesar 79,3% terhadap prestasi belajar. Besarnya proporsi
sumbangan variabel pemberian motivasi (X1) 42,15%, variabel penggunaan fasilitas
belajar di sekolah (X2) 37,22%. Dengan demikian proporsi sumbangan terbesar
variabel bebas terhadap variabel terikat diberikan oleh variabel pemberian motivasi
(X1) sebesar 42,15%.
Berdasarkan hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa pemberian motivasi
dan penggunaan fasilitas belajar di sekolah dapat memberikan kontribusi yang positif
terhadap prestasi belajar siswa. Hal itu dikarenakan dengan adanya pemberian
motivasi yang diberikan oleh guru dan orang tua dapat meningkatkan motivasi belajar
siswa, serta dengan adanya pengunaan fasilitas belajar di sekolah mampu
memberikan kemudahan bagi siswa dalam melakukan kegiatan belajar, sebab fasilitas
belajar yang ada di sekolah dapat membantu dan menunjang kelancaran proses
belajar siswa. Sehinga dengan adanya motivasi dan dilengkapi dengan keberadaan
fasilitas belajar yang memadai akan mendorong siswa untuk dapat memperoleh
prestasi belajar yang maksimal.