PENGARUH MOTIVASI DAN PENGUNAAN FASILITAS BELAJAR DI SEKOLAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XI IPS SMA NEGERI 2 JEMBER KABUPATEN JEMBER TAHUN AJARAN 2010/2011.
Abstract
Pendidikan mempunyai peran yang sangat penting bagi pembangunan bangsa 
dan  negara.  Peranan  yang  sangat  penting  itu  adalah  perkembangan  dan  perwujudan 
sumberdaya  manusia  yang  berkualitas.  Upaya  untuk  meningkatkan  hasil  belajar, 
maka  dibutuhkan  motivasi  dalam  belajar.  Motivasi  dipandang  sebagai  dorongan 
mental  yang  menggerakkan  dan  mengarahkan  perilaku  manusia,  termasuk  perilaku 
belajar. Motivasi dapat bersifat internal, artinya datang dari dirinya sendiri, dapat juga 
bersifat  eksternal,  yakni  datang  dari  orang  lain,  dari  guru  dan  orang  tua.  Seseorang 
melakukan usaha karena adanya motivasi. 
  Motivasi  belajar  dan  penggunaan  fasilitas  belajar  dapat  mempengaruhi 
prestasi  belajar  siswa.  Motivasi  mendorong  dan  mengarah  minat  belajar  untuk 
mencapai  tujuan.  Adanya  dukungan  motivasi  belajar  dan  fasilitas  belajar  yang 
memadai  dapat  meningkatkan  prestasi  belajar  optimal,  begitu  pula  sebaliknya 
kurangnya  daya  dukung  motivasi  belajar  dan  fasilitas  belajar  dapat  menurunkan 
prestasi  belajar,  dengan  adanya  motivasi  belajar  dengan  ditunjang  ketersediaan 
fasilitas  belajar  yang  dimiliki  oleh  sekolah,  diharapkan  dapat  meningkatkan  prestasi 
belajar siswa yang optimal. 
Penelitian  ini  dilakukan  untuk  mengetahui  pengaruh  yang  signifikan  dari 
pemberian  motivasi  dan  penggunaan  fasilitas  belajar  siswa  di  sekolah  terhadap 
prestasi  belajar  siswa  pada  mata  pelajaran  ekonomi  kelas  XI  IPS  SMA  Negeri  2 
Jember  tahun  ajaran  2010/2011,  serta  manakah  faktor  yang  berpengaruh  paling 
dominan  terhadap  prestasi  belajar  siswa.  Metode  penentuan  daerah  penelitian  yang 
digunakan adalah purposive area  yaitu SMA Negeri 2 Jember kelas XI IPS. Metode pengambilan  sampel  dalam  penelitian  ini  adalah  populasi  sebanyak  62  siswa, 
sedangkan  metode  pengumpulan  data  menggunakan  metode  angket,  dokumen, 
wawancara, dan observasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis inferensial. 
Hasil  penelitian  menunjukkan  bahwa  pemberian  motivasi  dan  penggunaan 
fasilitas  belajar  di  sekolah  berpengaruh  signifikan  terhadap  prestasi  belajar  siswa 
kelas XI IPS SMA Negeri 2 Jember semester  ganjil tahun ajaran 2010/2011. Hal ini 
ditunjukkan dari hasil perhitungan Fhitung
 > Ftabel
 (113,30>3,15) dengan 
=0,05 > Sig 
F  =  0,000  dan  koefisien  determinasi  (Rsquare)  sebesar  0,793  atau  79,3%  yang  berarti 
variabel  pemberian  motivasi  dan  pengunaan  fasilitas  belajar  di  sekolah  di  sekolah 
memberikan  sumbangan  sebesar  79,3%  terhadap  prestasi  belajar.  Besarnya  proporsi 
sumbangan  variabel  pemberian  motivasi (X1) 42,15%, variabel penggunaan  fasilitas 
belajar  di  sekolah  (X2)  37,22%.  Dengan  demikian  proporsi  sumbangan  terbesar 
variabel  bebas  terhadap  variabel  terikat  diberikan  oleh  variabel  pemberian  motivasi 
(X1) sebesar 42,15%. 
  Berdasarkan  hasil  penelitian  ini  dapat  diketahui  bahwa  pemberian  motivasi 
dan penggunaan fasilitas belajar di sekolah dapat memberikan kontribusi yang positif 
terhadap  prestasi  belajar  siswa.  Hal  itu  dikarenakan  dengan  adanya  pemberian 
motivasi yang diberikan oleh guru dan orang tua dapat meningkatkan motivasi belajar 
siswa,  serta  dengan  adanya  pengunaan  fasilitas  belajar  di  sekolah  mampu 
memberikan kemudahan bagi siswa dalam melakukan kegiatan belajar, sebab fasilitas 
belajar  yang  ada  di  sekolah  dapat  membantu  dan  menunjang  kelancaran  proses 
belajar  siswa.  Sehinga  dengan  adanya  motivasi  dan  dilengkapi  dengan  keberadaan 
fasilitas  belajar  yang  memadai  akan  mendorong  siswa  untuk  dapat  memperoleh 
prestasi belajar yang maksimal.