Analisis Pengaruh Customer Value Terhadap Kepuasan Dan Word Of Mouth Pada ECommerce Shopee
Abstract
Perkembangan dunia usaha semakin meningkat ditandai dengan teknologi informasi yang
berkembang khususnya internet di berbagai kegiatan bisnis. Pertumbuhan pengguna internet
tertinggi di dunia yaitu Benua Asia. Selain itu, jika dilihat secara global Indonesia menduduki
peringkat keempat dibawah Jepang. Hal tersebut menandakan bahwa dengan meningkatnya
pengguna internet dapat mempengaruhi perubahan perilaku pembelian yang biasanya dilakukan
secara offline menjadi pembelian secara online. Internet tidak hanya digunakan untuk mencari
informasi dan hiburan, namun kini internet sudah menjadi sarana baru untuk melakukan
transaksi keuangan dan belanja secara online .
Belanja online dipersepsikan sebagai sesuatu yang menyenangkan, praktis dan banyak
keuntungan yang didapat untuk memenuhi kebutuhan. Konsumen dapat menghemat waktu, biaya
serta dapat memilih beragam variasi produk yang diinginkan dengan cara yang sangat mudah.
Selain itu transaksi yang dilakukan oleh konsumen dalam aktivitas belanja online sangat
berhubungan dengan e-commerce. E-commerce merupakan transaksi jual beli barang atau jasa
melalui media internet atau media digital lainnya. Hadirnya e-commerce yang diikuti dengan
oleh perkembangan shopping online membuat semua orang dapat melakukan kegiatan belanja
apapun secara cepat dan mudah. E-commerce yang sekarang digunakan di Indonesia, yakni
bukalapak, tokopedia, shopee, olx, blibli dan masih banyak e-commerce yang lainnya. Di
Indonesia, belanja secara online telah menjadi pilihan banyak pihak untuk memperoleh barang.
Pertumbuhan e-commerce yang terus meningkat di Indonesia membuat Shopee ikut meramaikan
industri ini. Shopee merupakan aplikasi mobile marketplace pertama yang aman, menyenangkan,
mudah, dan praktis. Selain itu, Shopee telah melakukan perubahan untuk menarik minat
pelanggan agar lebih banyak bertransaksi melalui situs tersebut. Shopee memiliki tagline “Beli
semua di Shopee” dimana Shopee memberikan berbagai macam pilihan produk yang dibutuhkan
konsumen.
Objek pada penelitian ini adalah responden yang pernah melakukan aktivitas belanja
pada e-commerce Shopee. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner
secara online melalui google form dengan membagikan link ke media sosial seperti whatsaap dan
instagram. Metode analisis data menggunakan Partial Least Square (PLS) dengan variabel bebas
yaitu nilai fungsional, nilai emosional, nilai sosial serta kepuasaan pelanggan sebagai variabel
intervening dan word of mouth (WOM) sebagai variabel terikat. Hasil dari penelitian ini
menunjukkan bahwa nilai fungsional, nilai emosional, nilai sosial berpengaruh secara signifikan
terhadap kepuasan dan word of mouth (WOM) serta kepuasan berpengaruh signifikan terhadap
word of mouth (WOM)