Pengaruh Harga Kemudahan Kualitas Informasi Keamanan dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jember
Abstract
Perkembangan teknologi dapat dirasakan dalam berbagai bidang termasuk
didalamnya adalah perkembangan teknologi dan informasi. Perkembangan
teknologi informasi dan internet dapat memberikan Kemudahan dalam
bertransaksi melalui situs pembelian yang berbasis Web yang sering disebut
dengan pembelian secara Online. Pengguna internet di Indonesia yang semakin
meningkat dapat dijadikan tolak ukur sebuah peluang bisnis yang menjanjikan
pada bidang E-commerce. E-commerce atau kerap kali disebut belanja Online
merupakan proses dimana konsumen membeli produk atau jasa melalui sistem
elektronik seperti internet, televisi atau jaringan komputer lainnya. Ditengah
kepopuleran sistem belanja Online atau E-commerce terdapat berbagai macam
kendala antara lain sedikitnya konsumen Online yang tertarik pada beberapa
penawaran Online yang ada, serta minimnya pengetahuan tentang adanya standar
teknologi untuk mekanisme pembayaran yang aman, Kemudahan memahami,
Kualitas Informasi, dan Kepercayaan. Penelitian ini bertujuan melihat pengaruh
faktor Harga, Kemudahan, Kualitas Informasi, Keamanan dan Kepercayaan
terhadap Keputusan Pembelian. Penelitian ini dilakukan di Fakultas Ekonomi dan
Bisnis Universitas Jember tahun 2019.
Penelitian ini memilih responden mahasiswa jurusan Manajemen. Data
yang digunakan dalam penelitian ini data primer yang diperoleh dengan
menggunakan kuisioner dan wawancara pada 100 responden yang ditentukan
dengan menggunakan teknik purposive sampling. Metode analisis yang digunakan
regresi linier berganda . Uji hipotesis dengan menggunakan uji t untuk analisis
parsial dan uji F untuk uji secara simultan
Hasil dari penelitian ini dengan analisis regresi menunjukkan bahwa
variabel Harga, Kemudahan, Kualitas Informasi, Keamanan dan Kepercayaan
berpengaruh secara positif terhadap Keputusan Pembelian secara Online. Hasil uji
terhadap hipotesis yang dilakukan memberikan hasil bahwa variabel Harga,
Kemudahan, Kualitas Informasi, Keamanan dan Kepercayaan berpengaruh secara
signifikan terhadap Keputusan Pembelian Online baik secara parsial mauoun
simultan.