Peningkatan Kemampuan Menulis Paragraf Deskripsi menggunakan Model Kooperatif Tipe Picture and Picture Siswa Kelas III SDN Jember Lor 02 pada Tema Indahnya Persahabatan
Abstract
Menulis merupakan salah satu dari empat keterampilan berbahasa. Menulis
merupakan komunikasi secara tidak langsung dalam menuangkan gagasan, ide, dan
pendapat. Berdasarkan wawancara dengan guru kelas III SDN Jember Lor 02
diketemukan bahwa terdapat sekitar 70% peserta didik dengan kemampuan menulis
paragraf deskripsi yang masih perlu ditingkatkan, utamanya dalam mengembangkan
ide-ide dalam membuat kalimat. Hal ini dikarenakan siswa masih belum bisa
menyusun kalimat secara runtut, pemakaian ejaan dan tanda baca yang tidak tepat,
serta penguasan kosakata masih rendah, sehingga perlu adanya suatu model
pembelajaran untuk meningkatkan keterampilan siswa dalam menulis paragraf
dengan menggunakan ejaan dan tanda baca yang tepat.
Dalam pembelajaran Bahasa Indonesia terdapat beberapa model pembelajaran
yang dapat menarik minat siswa, salah satunya adalah model kooperatif tipe picture
and picture sebagai alternatif dalam mengembangkan ide untuk membuat kalimatkalimat
pada pembelajaran menulis paragraf deskripsi.
Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: Bagaimanakah penerapan model
kooperatif tipe picture and picture dapat meningkatkan kemampuan menulis paragraf
deskripsi siswa kelas III SDN Jember Lor 02.
Sesuai dengan rumusan masalah, maka tujuan penelitian ini adalah: Untuk
meningkatkan kemampuan menulis paragraf deskripsi pada siswa kelas III SDN
Jember Lor 02 dengan penerapan model kooperatif tipe picture and picture.
Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK)
dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Pengumpulan
data menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Subjek
penelitian adalah siswa kelas III SDN Jember Lor 02 Kecamatan Patrang Kabupaten
Jember tahun pelajaran 2018/2019.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan penerapan model kooperatif tipe
picture and picture berjalan sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran yang
terdapat dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Proses penerapan menulis
paragraf yaitu: (1) Guru membimbing dan melibatkan siswa secara langsung dalam
memberikan contoh menulis kalimat dengan menggunakan struktur kalimat yang
tepat, (2) guru mempraktikkan langkah-langkah menyusun paragraf pada siswa, (3)
guru memberikan contoh dan latihan penggunaan ejaan dan huruf kapital dengan
tepat.