• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Peningkatan Kemampuan Menulis Paragraf Deskripsi menggunakan Model Kooperatif Tipe Picture and Picture Siswa Kelas III SDN Jember Lor 02 pada Tema Indahnya Persahabatan

    Thumbnail
    View/Open
    Agvien Pratama Setyaningrum-150210204147.pdf (2.113Mb)
    Date
    2019-12-23
    Author
    Setyaningrum, Agvien Pratama
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Menulis merupakan salah satu dari empat keterampilan berbahasa. Menulis merupakan komunikasi secara tidak langsung dalam menuangkan gagasan, ide, dan pendapat. Berdasarkan wawancara dengan guru kelas III SDN Jember Lor 02 diketemukan bahwa terdapat sekitar 70% peserta didik dengan kemampuan menulis paragraf deskripsi yang masih perlu ditingkatkan, utamanya dalam mengembangkan ide-ide dalam membuat kalimat. Hal ini dikarenakan siswa masih belum bisa menyusun kalimat secara runtut, pemakaian ejaan dan tanda baca yang tidak tepat, serta penguasan kosakata masih rendah, sehingga perlu adanya suatu model pembelajaran untuk meningkatkan keterampilan siswa dalam menulis paragraf dengan menggunakan ejaan dan tanda baca yang tepat. Dalam pembelajaran Bahasa Indonesia terdapat beberapa model pembelajaran yang dapat menarik minat siswa, salah satunya adalah model kooperatif tipe picture and picture sebagai alternatif dalam mengembangkan ide untuk membuat kalimatkalimat pada pembelajaran menulis paragraf deskripsi. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: Bagaimanakah penerapan model kooperatif tipe picture and picture dapat meningkatkan kemampuan menulis paragraf deskripsi siswa kelas III SDN Jember Lor 02. Sesuai dengan rumusan masalah, maka tujuan penelitian ini adalah: Untuk meningkatkan kemampuan menulis paragraf deskripsi pada siswa kelas III SDN Jember Lor 02 dengan penerapan model kooperatif tipe picture and picture. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Subjek penelitian adalah siswa kelas III SDN Jember Lor 02 Kecamatan Patrang Kabupaten Jember tahun pelajaran 2018/2019. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan penerapan model kooperatif tipe picture and picture berjalan sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran yang terdapat dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Proses penerapan menulis paragraf yaitu: (1) Guru membimbing dan melibatkan siswa secara langsung dalam memberikan contoh menulis kalimat dengan menggunakan struktur kalimat yang tepat, (2) guru mempraktikkan langkah-langkah menyusun paragraf pada siswa, (3) guru memberikan contoh dan latihan penggunaan ejaan dan huruf kapital dengan tepat.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/98246
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15466]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository