• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAN REMEDIAL TEACHING UNTUK MENCAPAI KETUNTASAN BELAJAR SISWA (Studi Kasus pada Siswa Kelas VIII A di MTs. Al Amin Gumelar Balung Mata Pelajaran Ekonomi Pokok Bahasan Pajak Semester Ganjil Tahun Ajaran 2010/2011)

    Thumbnail
    View/Open
    Ghozi anwar_001.pdf (8.783Mb)
    Date
    2013-12-18
    Author
    Moch. Ghozi Anwar
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk mencapai ketuntasan belajar siswa dengan menggunakan Remedial Teaching dalam pembelajaran ekonomi sub pokok bahasan pajak pada siswa kelas VIII A semester ganjil di MTs. Al Amin Gumelar Balung Jember tahun ajaran 2010/2011. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII A yang belum tuntas belajarnya yang berjumlah 22 siswa. Pelaksanaan penelitian dilaksanakan mulai tanggal 28 Agustus 2010 sampai 02 Oktober 2010. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes, metode observasi, metode wawancara, dan metode dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif yaitu menggambarkan keadaan-keadaan yang ada di lapangan disertai dengan fakta-fakta yang diolah. Data yang dikumpulkan berupa (1) hasil tes pendahuluan; (2) hasil tes siklus I; (3) hasil tes siklus II. Dari hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa sebelum dilaksanakan Remedial Teaching ketuntasan belajar siswa kelas VIII A sebesar 55%. Setelah diadakan Remedial Teaching dengan teknik mengajarkan kembali bahan yang sama dengan menggunakan metode ekspositori pada siklus I siswa yang telah mencapai ketuntasan belajar sebesar 70% belum mencapai ketuntasan belajar, sehingga perlu diadakan siklus II. Pada siklus II ketuntasan belajar siswa secara klasikal mencapai 92,5%. Dapat disimpulkan bahwa siswa yang telah mencapai ketuntasan belajar sebanyak 37 siswa, dan 3 siswa yang masih belum mencapai ketuntasan belajar. Oleh karena itu, Remedial Teaching dapat digunakan oleh guru untuk mencapai ketuntasan belajar siswa.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/9824
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15281]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository