PENERAPAN REMEDIAL TEACHING UNTUK MENCAPAI KETUNTASAN BELAJAR SISWA (Studi Kasus pada Siswa Kelas VIII A di MTs. Al Amin Gumelar Balung Mata Pelajaran Ekonomi Pokok Bahasan Pajak Semester Ganjil Tahun Ajaran 2010/2011)
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk
mencapai ketuntasan belajar siswa dengan menggunakan Remedial Teaching dalam
pembelajaran ekonomi sub pokok bahasan pajak pada siswa kelas VIII A semester
ganjil di MTs. Al Amin Gumelar Balung Jember tahun ajaran 2010/2011. Populasi
dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII A yang belum tuntas belajarnya yang
berjumlah 22 siswa. Pelaksanaan penelitian dilaksanakan mulai tanggal 28 Agustus
2010 sampai 02 Oktober 2010. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah
metode tes, metode observasi, metode wawancara, dan metode dokumentasi. Metode
analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif yaitu menggambarkan
keadaan-keadaan yang ada di lapangan disertai dengan fakta-fakta yang diolah. Data
yang dikumpulkan berupa (1) hasil tes pendahuluan; (2) hasil tes siklus I; (3) hasil
tes siklus II. Dari hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa sebelum dilaksanakan
Remedial Teaching ketuntasan belajar siswa kelas VIII A sebesar 55%. Setelah
diadakan Remedial Teaching dengan teknik mengajarkan kembali bahan yang sama
dengan menggunakan metode ekspositori pada siklus I siswa yang telah mencapai
ketuntasan belajar sebesar 70% belum mencapai ketuntasan belajar, sehingga perlu
diadakan siklus II. Pada siklus II ketuntasan belajar siswa secara klasikal mencapai
92,5%. Dapat disimpulkan bahwa siswa yang telah mencapai ketuntasan belajar
sebanyak 37 siswa, dan 3 siswa yang masih belum mencapai ketuntasan belajar. Oleh
karena itu, Remedial Teaching dapat digunakan oleh guru untuk mencapai ketuntasan
belajar siswa.