Pengaruh Komunikasi Vertikal dan Komitmen Organisasi terhadap Kinerja Agen Asusransi pada AJB Bumiputera 1912 Cabang Jember
Abstract
AJB Bumiputera 1912 adalah perusahaan jiwa nasional yang pertama dan
tertua di Indonesia. Perusahaan asuransi ini dibentuk pada tanggal 12 Februari
1012, di Magelang, Jawa Tengah. AJB Bumiputera 1912 yang menjadi objek
penelitian adalah AJB Bumiputera 1912 cabang Jember. AJB Bumiputera 1912
cabang Jember perusahaan yang bergerak dibidang jasa, dengan persaingan yang
cukup ketat dimana munculnya banyak perusahaan asuransi lainnya, tentu
mendorong perusahaan AJB Bumiputera 1912 cabang Jember untuk selalu
mengembangkan sumber daya manusia dalam perusahaan. Mengembangkan
sumber daya yang ada, tentunya perusahaan harus mengetahui kondisi yang
dialami karyawannya. Kinerja perusahaan tentunya tidak lepas dari kerjasama
seluruh anggota perusahaan, salah satunya agen. Agen asuransi dalam AJB
Bumiputera 1912 cabang Jember merupakan karyawan bagian lapang yang
berhadapan langsung dengan nasabah. Keadaan lapangan yang dihadapi agen
tentunya perlu dikomunikasikan kepada pimpinan, sehingga pimpinan dapat
mengetahui kesulitan-kesulitan yang dihadapi agen, kemudian dapat ditemukan
solusi untuk perbaikan kinerja agen kedepan. Komunikasi yang dilakukan antara
pimpinan dan bawahan ini disebut dengan komunikasi vertikal. Adapun Selain
komunikasi vertikal, perlu diperhatikan juga mengenai komitmen organisasi.
Seorang agen yang memiliki komitmen organisasi yang tinggi lebih bertahan
manjadi anggota organisasi dibandingkan dengan yang tidak memiliki komitmen
organisasi. Dengan memiliki komitmen organisasi seorang agen merasa ingin
lebih berpartisipasi dalam kegiatan usaha perusahaan karena adanya perasaan
memiliki perusahaan tersebut.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh komunikasi
vertikal terhadap kinerja agen, untuk mengetahui pengaruh komitmen organisasi
terhadap kinerja agen, dan untuk mengetahui pengaruh komunikasi vertikal dan
komitmen organisasi secara bersama-sama terhadap kinerja agen asuransi AJB
Bumiputera 1912 cabang Jember. penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif
dengan data yang diolah dari kuesioner yang telah dibagikan kepada 50 orang
agen asuransi. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa komunikasi vertikal
berpengaruh signifikan terhadap kinerja agen asuransi dengan uji t (2,135>1,678)
oleh tingkat signifikasi (0,038<0,05), dan komitmen organsisasi berpengaruh
signifikan terhadap kinerja agen asuransi dengan uji t (3,675>1,678) oleh tingkat
signifikansi (0,001<0,05), serta komunikasi vertikal dan komitmen organisasi
secara simultan berpengaruh terhadap kinerja agen asuransi AJB Bumiputera
1912 cabang Jember dengan nilai f (35,447>3,20). Data tersebut menunjukkan
hasil hipotesis alternatif diterima.