• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Proses Berpikir Siswa Level Deduksi Dalam Membuktikan Teorema Kesebandingan Segitiga Dan Konversnya Berdasarkan Langkah-Langkah Polya

    Thumbnail
    View/Open
    Niken Shofiana Dewi - 160210101091_1.pdf (2.070Mb)
    Date
    2019
    Author
    DEWI, Niken Shofiana
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Mengetahui proses berpikir siswa level deduksi dalam membuktikan teorema kesebandingan segitiga dan konversnya berdasarkan langkah-langkah Polya. Pengidentifikasian proses berpikir siswa dalam membuktikan teorema ini menggunakan langkah-langkah pemecahan masalah oleh Polya (1973) yang dikatitkan dengan konsep berpikir yang dikemukakan Piaget serta deskriptor level berpikir van Hiele. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Jember dan MAN 2 Jember. Subjek dalam penelitian ini terdiri atas 3 siswa level deduksi, dimana 2 siswa dari SMA Negeri 1 Jember dan 1 siswa dari MAN 2 Jember. Metode pengumpulan yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode tes dan wawancara. Instrumen penelitian yang digunakan antara lain soal pembuktian teorema beserta kunci jawabannya, pedoman wawancara, dan lembar validasi. Penentuan subjek penelitian yaitu siswa level deduksi menggunakan instrumen yang sudah valid yaitu 25 soal pilihan ganda tes level ix kemampuan berpikir siswa dalam geometri yang dikutip dari Sunardi (2000), sedangkan untuk mengetahui proses berpikir siswa level deduksi digunakan soal tes pembuktian teorema yang terdiri atas 2 teorema yaitu teorema kesebandingan segitiga (Triangle Proportionally Theorem) dan konvers dari teorema tersebut.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/98176
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15466]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository