Proses Berpikir Siswa Level Deduksi Dalam Membuktikan Teorema Kesebandingan Segitiga Dan Konversnya Berdasarkan Langkah-Langkah Polya
Abstract
Mengetahui proses berpikir siswa level deduksi dalam membuktikan teorema kesebandingan segitiga dan konversnya
berdasarkan langkah-langkah Polya. Pengidentifikasian proses berpikir siswa
dalam membuktikan teorema ini menggunakan langkah-langkah pemecahan
masalah oleh Polya (1973) yang dikatitkan dengan konsep berpikir yang
dikemukakan Piaget serta deskriptor level berpikir van Hiele. Jenis penelitian ini
adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilakukan
di SMA Negeri 1 Jember dan MAN 2 Jember. Subjek dalam penelitian ini terdiri
atas 3 siswa level deduksi, dimana 2 siswa dari SMA Negeri 1 Jember dan 1 siswa
dari MAN 2 Jember. Metode pengumpulan yang digunakan dalam penelitian ini
adalah metode tes dan wawancara. Instrumen penelitian yang digunakan antara
lain soal pembuktian teorema beserta kunci jawabannya, pedoman wawancara,
dan lembar validasi. Penentuan subjek penelitian yaitu siswa level deduksi
menggunakan instrumen yang sudah valid yaitu 25 soal pilihan ganda tes level
ix kemampuan berpikir siswa dalam geometri yang dikutip dari Sunardi (2000),
sedangkan untuk mengetahui proses berpikir siswa level deduksi digunakan soal
tes pembuktian teorema yang terdiri atas 2 teorema yaitu teorema kesebandingan
segitiga (Triangle Proportionally Theorem) dan konvers dari teorema tersebut.