• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Kompetensi Morfologis Siswa Tunagrahita SMALB yang Tergolong Prof. Drs. Dafik, M.Sc., Ph.D. NIP 19680802 199303 1 004 Mampu Didik Di SLBN Patrang Jember

    Thumbnail
    View/Open
    Putri Ayu Ramadhani - 150210402065.pdf (1.212Mb)
    Date
    2019-12-10
    Author
    RAMADHANI, Putri Ayu
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Morfem merupakan satuan terkecil dalam kata yang tidak dapat dipisahkan lagi (Rohmadi, dkk., 2009: 7) Ada tiga jenis proses morfologis yaitu afiksasi (kata berafiks atau kata imbuhan), reduplikasi (kata ulang), dan kompositum (kata majemuk). Penelitian ini dititikberatkan pada siswa penderita keterbelakangan mental yaitu siswa tunagrahita. IQ pada anak tunagrahita berkisar antara 70 ke bawah. Siswa tunagrahita memiliki keterbatasan kognitif yang memengaruhi pemahaman mereka. Kompetensi morfologis perlu dikuasai oleh peserta didik, baik siswa normal atau siswa tunagrahita. Kompetensi morfologis siswa tunagrahita perlu ditingkatkan, karena mengalami keterlambatan dalam proses perkembangan. Proses perkembangan tersebut dipengaruhi oleh perkembangan kognitif yang dimiliki siswa tunagrahita. Berdasarkan permasalahan tersebut, peneliti tertarik untuk mengetahui kompetensi morfologis yang dimiliki siswa tunagrahita. Rumusan Masalah dalam penelitian ini adalah (a) bagaimanakah kompetensi siswa tunagrahita dalam menggunakan kata berafiks di SLBN Patrang Jember?, (b) bagaimanakah kompetensi siswa tunagrahita dalam menggunakan kata ulang di SLBN Patrang Jember?, (c) bagaimanakah kompetensi siswa tunagrahita dalam menggunakan kata kompositum di SLBN Patrang Jember?, (d) bagaimanakah kompetensi morfologis siswa tunagrahita yang tergolong mampu didik di SLBN Patrang Jember?, dan (e) bagaimanakah faktor yang memengaruhi kompetensi morfologis siswa tunagrahita yang tergolong mampu didik. Tujuan penelitian ini adalah (a) untuk mendeskripsikan kompetensi siswa tunagrahita dalam menggunakan kata berafiks di SLBN Patrang Jember, (b) kompetensi siswa tunagrahita dalam menggunakan kata ulang di SLBN Patrang Jember, (c) kompetensi siswa tunagrahita dalam menggunakan kata kompositum di SLBN Patrang Jember, (d) kompetensi siswa tunagrahita dalam menggunakan morfologis di SLBN Patrang Jember, dan (e) faktor yang mempengaruhi kompetensi morfologis siswa tunagrahita yang tergolong mampu didik. Rancangan dan jenis penelitan yang digunakan adalah kuantitatif- psikolinguistik deskriptif. Data dalam penelitian ini yaitu hasil tes kompetensi morfologis siswa tunagrahita yang tergolong mampu didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode tes dan wawancara. Analisis data dalam penelitian ini dengan cara (1) seleksi data, (2) menentukan skor, (3) menentukan persentase, dan (4) menentukan faktor yang memengaruhi kompetensi morfologis siswa tunagrahita. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes tertulis objektif dengan pilihan ganda tentang kata berafiks, tentang kata ulang, dan tentang kata majemuk. Hasil dan pembahasan penelitian kompetensi morfologis siswa tunagrahita yang tergolong mampu didik di SLBN Patrang Jember, dapat disimpulkan bahwa siswa tunagrahita yang tergolong mampu didik di SLBN Patrang Jember berkategori (1) sangat mampu dalam menggunakan kata berafiks, (2) mampu dalam menggunakan kata ulang, (3) mampu dalam menggunakan kata majemuk, (4) mampu dalam kompetensi morfologis. Berasarkan hasil wawancara, secara umum faktor yang ditemukan kesalahan siswa dalam memilih jawaban ada 3, faktor eksternal, faktor pendekatan belajar, dan faktor internal. Saran yang dapat diberikan adalah sebagai berikut: (1) bagi guru SLB yang menangani tunagrahita, hasil penelitian ini disarankan dapat menambah pengetahuan dan pemahaman guru mengenai penggunaan kata berafiks, kata ulang, dan kata majemuk; (2) bagi mahasiswa program studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, hasil penelitian ini disarankan sebagai bahan diskusi mata kuliah Morfologi; dan (3) bagi peneliti lain sebidang ilmu, disarankan untuk melakukan penelitian lanjutan seperti penelitian tindakan kelas untuk memaksimalkan kompetensi morfologis siswa tunagrahita yang tergolong mampu didik.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/98175
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15466]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository