dc.description.abstract | Industri pariwisata merupakan salah satu sektor yang sangat penting dalam
pengembangan perekonomian suatu wilayah. Salah satu daerah yang memiliki
potensi pariwisata bagus di Provinsi Jawa Timur adalah Kabupaten Jember. Berdasarkan data jumlah pengunjung pada objek wisata buatan di Kabupaten
Jember selama tiga tahun terakhir mengalami peningkatan. Hal ini menunjukkan
bahwa minat masyarakat untuk berwisata cukup tinggi. Salah satu objek wisata
buatan yang saat ini cukup digemari banyak wisatawan adalah Dira Park Ambulu.
Objek wisata ini mengalami persaingan yang cukup ketat. Untuk dapat
mempertahankan jumlah pengunjung dan dapat terus memenangkan persaingan
perlu menerapkan strategi pemasaran tertentu. Salah satu strategi untuk mengatasi
persaingan adalah strategi diferensiasi.
Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk
mendeskripsikan strategi pemasaran yang dilaksanakan oleh objek wisata Dira
Park Ambulu Kabupaten Jember. Jenis penelitian ini merupakan penelitian
deskriptif kualitatif. Penentuan lokasi penelitian menggunakan metode purposive
area yaitu di Dira Park Ambulu Kabupaten Jember. Metode pengumpulan data
yang digunakan adalah metode wawancara, observasi, dan dokumen. Analisis data
yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa objek wisata Dira Park
Ambulu Kabupaten Jember menerapkan strategi diferensiasi melalui dimensi
konten, konteks, dan infrastruktur dengan tujuan agar dapat menjadi objek wisata
yang dapat bersaing dan unggul. Objek wisata ini memperhatikan semua aspek
tersebut dan berusaha menerapkannya secara maksimal.
Strategi diferensiasi yang diterapkan objek wisata ini mendominasi pada
dimensi konten. Objek wisata air ini membuat objek wisatanya berbeda pada
dimensi konten yakni melalui penawaran wahana wisata berupa Kolam Istana dan
Dira Park Garden and Resto. Kolam Istana merupakan kolam renang dimana
terdapat fasilitas untuk pesta busa atau foam party. Fasilitas tambahan ini dapat
membuat pengunjung yang berenang merasakan sensasi yang lebih
menyenangkan dari pada kolam renang pada umumnya. Sedangkan Dira Park
Garden and Resto adalah taman bunga dan restoran yang memiliki konsep cukup
unik yakni bernuansa negeri Belanda. Objek wisata ini mendesain dengan
sedemikian rupa sehingga mirip seperti di lingkungan negeri Belanda. Pengunjung
dapat berfoto sepuasnya dengan berbagai macam miniatur seperti kincir angin,
rumah hobitton, dan lainnya sebagai background yang menarik. Hal ini
menunjukkan bahwa pada dimensi ini terdapat kreativitas, tercipta kekhasan dan
lebih unggul dari wisata lain di Jember, selain itu sulit ditiru oleh pesaing.
Objek wisata ini menciptakan diferensiasi pada dimensi konteks yakni
dengan melakukan penawaran nilai melalui layanan yang dilakukan dengan cara
membuat prinsip bahwa objek wisatanya bersih, aman, nyaman, sejuk, dan
rindang. Hal ini menunjukkan belum adanya kreativitas karena pada umunya
objek wisata air juga melakukan hal tersebut. Sehingga mudah ditiru pesaing, dan
tidak tercipta kekhasan. Namun wisata ini menerapkan prinsip tersebut dengan
konsisten sehingga tercipta objek wisata yang bernilai.
Strategi diferensiasi pada dimensi infrastruktur terdiri dari sumber daya
manusia, teknologi, dan fasilitas. Kemampuan tenaga kerja wisata ini sama seperti
pada objek wisata air lain di Jember seperti pengawas kolam renang yang
memiliki keahlian dalam hal berenang. Hal ini berarti tenaga kerja wisata ini
belum menunjukkan kreativitas, kekhasan, dan mudah ditiru oleh pesaing.
Teknologi wisata ini yang tidak dimiliki wisata air lain di Kabupaten Jember
adalah E-ticket. Wisata ini menerapkannya dengan tujuan pengunjung tidak perlu
mengantri lama untuk masuk ke objek wisata. Hal ini berarti wisata telah
menunjukkan adanya nilai, kreativitas, kekhasan, dan sulit ditiru oleh pesaing.
Wisata ini menyediakan fasilitas dengan memenuhi kebutuhan pengunjung dan
menawarkan fasilitas yang tidak dimiliki wisata air lain di Jember yakni swalayan. Hal ini berarti wisata telah menunjukkan adanya nilai, kreativitas dan kekhasan,
namun masih mudah ditiru oleh pesaing karena perbedaan belum kompleks. | en_US |