dc.description.abstract | Belajar mandiri adalah suatu kegiatan belajar aktif yang dilakukan peserta
didik secara sadar dengan inisiatif sendiri sesuai kemauannya melakukan proses
belajar dengan bantuan atau tanpa bantuan orang lain untuk menguasai suatu
materi atau kompetensi tertentu. Semua kegiatan belajar mandiri merupakan
tanggung jawab peserta didik. Belajar mandiri tidak hanya dapat dilakukan di luar
kelas namun juga dalam kelas saat pembelajaran berlangsung. Hal yang dapat
dilakukan untuk menunjang aktivitas belajar mandiri adalah penggunaan strategi
belajar mandiri yang sesuai.
Strategi belajar mandiri adalah aktivitas mental yang digunakan peserta
didik ketika mereka belajar untuk membantu diri mereka sendiri dalam
memperoleh dan mengorganisasikan informasi. Strategi belajar mandiri disebut
juga self-regulated learning merupakan kemampuan siswa untuk berpartisipasi
aktif dalam proses belajarnya, baik secara metakognitif, secara motivasional,
maupun secara behavioral. Secara metakognitif; individu yang meregulasi diri
merencanakan, mengorganisasi, mengintruksi diri, memonitor, dan mengevaluasi
dirinya dalam proses belajar. Secara motivasional; individu yang belajar merasa
bahwa dirinya kompeten, memiliki keyakinam diri, dan memiliki kemandirian.
Sedangkan secara behavioral, individu yang belajar menyeleksi, menyusun, dan
menata lingkungan agar lebih optimal dalam belajar.
Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan strategi belajar mandiri di dalam
kelas dan di luar kelas yang dilakukan siswa kelas X IPA 1 di SMAN 1 Glenmore.
Rancangan penelitian ini adalah rancangan penelitian kualitatif dengan
pendekatan etnografi class, dengan jenis penelitian deskriptif yang
mendeskripsikan strategi belajar yang dilakukan siswa. Data yang digunakan
dalam penelitian ini berupa gambar, kalimat, fenomena, serta fakta yang berisi
informasi tentang strategi siswa dari hasil angket, wawancara, dan hasil observasi.
Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPA 1 SMA Negeri 1
Glenmore tahun ajaran 2018/2019 yang berjumlah 35 siswa. Teknik pengumpulan
data yang digunakan pada penelitian ini yaitu observasi partisipan, angket semi
terbuka, dan wawancara terbuka. Instrumen pengumpul data dalam penelitian ini
yaitu, lembar observasi, lembar angket, lembar wawancara, gawai merk xiaomi
6A, dan alat tulis. Instrumen peanalisis data dalam penelitian ini yaitu, tabel
pengumpul data, tabel pengumpul data digunakan untuk mengumpulkan data dari
hasil angket, tratskip hasil observasi, dan transkip hasi wawancara. Analisis data
yang dilakukan melalui tiga proses, yaitu reduksi data, penyajian data, penarikan
kesimpulan.
Hasil penelitian ini yaitu, (1) strategi belajar mandiri (Self-Regulated
Learning) siswa kelas X IPA 1 SMA Negeri 1 Glenmore dalam pembelajaran
bahasa indonesia dengan sistem kredit semester (SKS) yang terbagi dalam strategi
belajar mandiri siswa di dalam kelas dan strategi belajar mandiri siswa di luar
kelas. Strategi belajar mandiri siswa di dalam kelas dalam pembelajaran bahasa
Indonesia dengan sistem kredit semester terbagi atas tiga aspek yaitu: aspek
metakognitif, aspek motivasi, dan aspek perilaku. Aspek metakognitif terdiri dari
strategi elaborasi dan strategi organisasi. Apek motivasi terdiri dari strategi
penguasaan diri dan strategi kinerja ekstrinsik diri. Aspek perilaku terdiri dari
strategi pencarian bantuan. (2) strategi belajar mandiri siswa di luar kelas dalam
pembelajaran bahasa Indonesia dengan sistem kredit semester terbagi atas tiga
aspek aspek yaitu: aspek metakognitif, aspek motivasi, dan aspek perilaku. Aspek
metakognitif terdiri dari strategi pengulangan dan strategi meregulasi
metakognitif. Aspek motivasi terdiri dari strategi konsekuensi diri, strategi
penyusunan lingkungan, strategi kemampuan relatifitas diri, strategi peningkatan
yang relevan, dan strategi minat pribadi. Aspek perilaku terdiri dari strategi
regulasi usaha dan strategi waktu dan lingkungan. (3) Alasan siswa kelas X IPA 1
SMAN 1 Glenmore dalam menggunakan srategi belajar mandiri di dalam kelas
dalam pembelajaran bahasa Indonesia dengan sistem kredit semester, yaitu
mempermudah saat mengingat dan membaca kembali materi pelajaran, mudah
menangkap isi materi, materi pelajaran belum cukup menambah wawasan dan
pengetahuan, untuk mendapatkan nilai yang memuaskan, dan untuk mendapatkan
solusi dari masalah yang ditemukan saat belajar. (4) Alasan siswa kelas X IPA 1
SMAN 1 Glenmore dalam menggunakan srategi belajar mandiri di luar kelas
dalam pembelajaran bahasa Indonesia dengan sistem kredit semester, yaitu
membaca ulang untuk mengingat dan memperdalam materi yang sudah diajarkan,
memotivasi diri untuk melakukan aktivitas belajar, termotivasi untuk lebih
bersemangat dalam belajar, untuk mencapai target belajar, melakukan cara belajar
yang berbeda dengan teman yang lain, memotivasi diri dengan berusaha suka
terhadap mata pelajaran, untuk mempengaruhi perasaan saat belajar, untuk
mencapai tujuan belajar, dan untuk mengatur waktu belajar di rumah.
Penelitian ini menyarankan sebagai berikut. (1) penelitian ini masih terbatas
pada tahap menemukan strategi yang digunakan oleh siswa sehingga pada peneliti
selanjutnya dapat melanjutkan penelitian ini dengan mengaitkan strategi yang
sudah ditemukan dengan hasil belajar siswa. (2) guru disarankan dapat
memanfaatkan penelitian ini sebagai bahan bacaan terhadap strategi belajar yang
digunakan siswa. Pengetahuan tentang strategi belajar yang dimiliki guru dapat
dikembangkan jika mengetahui strategi yang digunakan oleh siswa. (3) pengelola
pendidikan disarankan dapat mengkaji ulang sistem pendidikan dijenjang sekolah
menengah atas dengan adanya temuan yang serupa untuk menyempurnakan
sistem pendidikan yang sudah ada. | en_US |