Analisis Bilangan Kromatik Packing pada Graf Hasil Operasi Edge Corona dan Relevansinya dengan Keterampilan Berpikir Kreatif
Abstract
Teori graf merupakan salah satu ilmu yang membantu dalam mengatasi
berbagai permasalahan dalam berbagai disiplin ilmu. Dalam bidang
matematika, graf memiliki banyak manfaat dalam mengatasi permasalahan
sosial maupun permasalahan kehidupan sehari-hari. Pewarnaan graf
merupakan bagian dari pelabelan graf, dimana pelabelan yang dimaksud
disini merupakan pemberian warna pada titik-titik yang ada pada batas
tertentu. Dalam pewarnaan graf terdapat kasus khusus yaitu pewarnaan
packing. Pewarnaan packing itu sendiri adalah pewarnaan dimana jarak titik
dengan warna yang sama i harus memiliki jarak minimal i + 1 dari titik
sebelumnya.
Bilangan kromatik packing χp merupakan banyaknya warna minimal dari
graf dengan sembarang dua titik yang bertetangga berwarna i paling sedikit
berjarak i + 1 dari titik sebelumnya. Warna pada titik berupa bilangan bulat
positif (i = 1, 2, 3, ...) dan diperoleh dari peletakan warna berurutan sesuai
dengan ketentuan minimal jarak dengan warna yang sama dimana jika sudah
tidak memungkinkan menggunakan warna tertentu dikarenakan jarak yang
tidak memenuhi syarat pewarnaan packing maka diharuskan berganti warna
yang lain.
Operasi edge corona ialah menggandakan graf pertama sebanyak sekali
dan menggandakan graf kedua sebanyak jumlah sisi dari graf pertama, lalu
setiap titik pada duplikat graf kedua dihubungkan pada titik yang bertetangga
dari sisi ke−i pada graf pertama. Graf yang digunakan pada penelitian ini
antara lain P2 ¦ Pn, P3 ¦ Pn, P4 ¦ Pn, P2 ¦ Sn, P3 ¦ Sn, P4 ¦ Sn, P2 ¦ Cn,
P3 ¦Cn, dan P4 ¦Cn. Dalam pengerjaan permasalahan graf, untuk menemukan
sebuah solusi dibutuhkan pemikiran yang kreatif dalam mengkombinasikan
baik label maupun warna agar sesuai dengan topik graf yang dikerjakan.
Dimana keterampilan berpikir kreatif memiliki beberapa aspek yang harus
dipenuhi, yaitu fluency/keluwesan, flexibility/kelancaran, originality/orisinil,
dan elaboration/terperinci, sehingga didapatkan hal baru yang orisinil.
Rumusan masalah penelitian ini adalah mengetahui bagaimanakah
bilangan kromatik packing pada graf hasil operasi edge corona dan
bagaimana relevansi antara pewarnaan packing pada graf hasil operasi edge
corona dengan keterampilan berpikir kreatif. Kemudian, tujuan yang ingin
dicapai adalah dapat menentukan bilangan kromatik packing pada graf hasil
operasi edge corona serta menganalisis relevansi antara proses pencarian
bilangan kromatik packing pada graf hasil operasi edge corona dengan
keterampilan berpikir kreatif.
Pada penelitian ini digunakan metode deduktif aksiomatik dan metode
pendeteksian pola (pattern recognition) dalam menentukan nilai dari
bilangan kromatik packing pada graf hasil operasi edge corona. Penelitian ini
menghasilkan sembilan teorema baru yaitu:
1. Teorema 4.2.1 Bilangan kromatik packing dari graf P2 ¦ Pn, untuk n ≥ 2
adalah χp (P2 ¦ Pn) = ¥
n
2
¦
+ 3.
2. Teorema 4.2.2 Bilangan kromatik packing dari graf P3 ¦ Pn, untuk n ≥ 2
adalah χp(P3 ¦ Pn) = (
n + 3, n ganjil
n + 4, n genap
.
3. Teorema 4.2.3 Bilangan kromatik packing dari graf P4 ¦ Pn, untuk n ≥ 2
adalah χp(P4 ¦ Pn) = ( ¥
3n
2
¦
+ 3, n ganjil
¥
3n
2
¦
+ 4, n genap
.
4. Teorema 4.2.4 Bilangan kromatik packing dari graf P2 ¦ Sn, untuk n ≥ 2
adalah χp (P2 ¦ Sn) = 4.
5. Teorema 4.2.5 Bilangan kromatik packing dari graf P3 ¦ Sn, untuk n ≥ 2
adalah χp (P3 ¦ Sn) = 6.
6. Teorema 4.2.6 Bilangan kromatik packing dari graf P4 ¦ Sn, untuk n ≥ 2
adalah χp (P4 ¦ Sn) = 7.
7. Teorema 4.2.7 Bilangan kromatik packing dari graf P2 ¦ Cn, untuk n ≥ 3
adalah χp(P2 ¦ Cn) = (
5, n ≡ 0(mod 4)
6, n ≡ 1, 2, 3(mod 4)
.
8. Teorema 4.2.8 Bilangan kromatik packing dari graf P3 ¦ Cn, untuk n ≥ 3
adalah
χp(P3 ¦ Cn) = ( §
n
2
¨
+ 6, n = 3 ∧ n ≡ 0(mod 4)
§
n
2
¨
+ 7, n ≡ 1, 2(mod 4) ∧ n ≡ 3(mod 4), n ≥ 7
.
9. Teorema 4.2.9 Bilangan kromatik packing dari graf P4 ¦ Cn, untuk n ≥ 3
adalah χp(P4 ¦ Cn) = ( §
3n
2
¨
+ 4, n genap
§
3n
2
¨
+ 5, n ganjil
.
Relevansi antara proses pencarian bilangan kromatik packing pada graf
hasil operasi edge corona dan keterampilan berpikir kreatif yaitu:
1. aspek fluency/kelancaran (mencetuskan berbagai gagasan mengenai:
terminologi graf, pewarnaan packing, pola bilangan kromatik packing pada
graf hasil operasi edge corona yang telah diperoleh, hasil ekspansi graf
yang telah menerapkan konsep pewarnaan packing apakah telah sesuai
dengan rumus bilangan kromatik packing yang telah diperoleh, dan cara
pembuktian teorema bilangan kromatik packing yang telah diperoleh),
2. aspek flexibility/fleksibilitas (menggunakan berbagai pernyataan mengenai:
konsep dari definisi, lemma, dan teorema yang berkaitan dengan pewarnaan
packing dan bilangan kromatik packing, dalam proses menemukan pola
bilangan kromatik packing yang minimum, dan dalam proses menemukan
dan membuktikan kebenaran teorema bilangan kromatik packing),
3. aspek originality/orisinil (menemukan generalisasi pola bilangan kromatik
packing dari graf hasil operasi edge corona yang diperoleh, menciptakan
teorema bilangan kromatik packing dari graf hasil operasi edge corona yang
diperoleh, dan membuktikan kebenaran teorema bilangan kromatik packing
dari graf hasil operasi edge corona yang diperoleh), dan
4. aspek elaboration/terperinci (menjelaskan secara terperinci mengenai:
cara mencari kardinalitas dari graf hasil operasi edge corona yang diteliti,
langkah penerapan konsep pewarnaan packing pada graf hasil operasi edge
corona yang diteliti, pola pewarnaan packing dari graf hasil operasi
edge corona yang diteliti, teorema bilangan kromatik packing dari graf
hasil operasi edge corona yang diperoleh, dan membuktikan kebenaran
teorema bilangan kromatik packing dari graf hasil operasi edge corona
yang diperoleh).
Semua tahapan dalam proses pencarian bilangan kromatik packing
pada graf hasil operasi edge corona akan dikaitkan dengan aspek
keterampilan berpikir kreatif dan tolak ukur dari relevansi antara proses
pencarian bilangan kromatik packing pada graf hasil operasi edge corona dan
keterampilan berpikir kreatif, yaitu dengan dilakukan penilaian oleh tiga
dosen ahli dalam bidang graf terhadap peneliti yakni ketiga dosen yang ada
di CGANT sebagai observer. Berdasarkan hasil analisis proses observasi
mengenai relevansi antara proses pencarian bilangan kromatik packing pada
graf hasil operasi edge corona dan keterampilan berpikir kreatif, didapatkan
bahwa aspek fluency sebesar 96,7 %, aspek flexibility sebesar 93,7 %, aspek
originality sebesar 91,7 %, aspek elaboration sebesar 98,3 %, dan tingkat
kreativitas sebesar 95,1 %.