Pengaruh Kualitas Layanan dan Citra Toko terhadap Loyalitas Konsumen melalui Kepuasan Konsumen Toko Basmalah di Jember
Abstract
Bisnis ritel di Indonesia dapat dibedakan menjadi 2 kelompok besar, yakni Ritel Tradisional dan Ritel Modern. Ritel modern sebenarnya merupakan pengembangan dari ritel tradisional. Ritel modern ini muncul dan berkembang seiring perkembangan perekonomian, teknologi, dan lifestyle masyarakat, dimana zaman sekarang masyarakat menuntut kenyamanan yang lebih ketika berbelanja. Peningkatan omset ritel khususnya ritel modern saat ini didukung oleh pertumbuhan jumlah ritel modern lainnya yang mencapai jumlah tertinggi dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Salah satu bisnis ritel di Indonesia pada daerah Kabupaten Jember yaitu Toko Basmalah di Jember.
Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh Kualitas Layanan dan Citra Toko terhadap Loyalitas Konsumen melalui Kepuasan Konsumen Toko Basmalah di Jember. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari 120 responden yang dipilih menggunakan tekhnik non probability sampling dengan menggunakan metode purposive sampling. Dan metode yang digunakan untuk menganalisis data adalah analisis jalur (path analysis).
Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa kualitas layanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen Toko Basmalah di Jember, citra toko berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen Toko Basmalah di Jember, kepuasan konsumen berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas konsumen Toko Basmalah di Jember, kualitas layanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas konsumen Toko Basmalah di Jember, citra toko berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas konsumen Toko Basmalah di Jember.