• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS ( Pokok Bahasan Bentuk Pasar dalam Kegiatan Ekonomi pada Siswa Kelas VIII B SMP Negeri 1 Glenmore Tahun Ajaran 2010/2011)

    Thumbnail
    View/Open
    PDF SKRIPSI MARTINA HASFRAMMI 060210391150_001.pdf (306.1Kb)
    Date
    2013-12-18
    Author
    Martina Hasframmi
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Metode pembelajaran kooperatif model Team Assisted Individualization (TAI) merupakan suatu model pembelajaran yang membentuk kelompok kecil yang heterogen dengan latar belakang cara berfikir yang berbeda untuk saling membantu terhadap siswa lain yang membutuhkan, sehingga siswa yang memiliki kemampuan lebih bertanggung jawab terhadap siswa yang memiliki kemampuan kurang. Dalam model pembelajaran TAI siswa ditempatkan dalam kelompok kecil yang beranggotakan 4-5 siswa untuk menyelesaikan suatu masalah dalam pembelajaran. Metode pembelajaran model TAI ini memiliki 8 komponen yaitu Teams, Placement test, Student Creative, Team Study, Team Score and Team Recognition, Teaching Group, Fact Test, Whole Class Unit. Adapun langkah-langkah dari model TAI dalam penelitian ini yaitu guru menerangkan materi secara singkat, guru memberikan tugas kepada siswa untuk dipelajari dan dikerjakan secara individu, guru membentuk beberapa kelompok yang heterogen, setiap kelompok terdiri dari 5 siswa, guru memberikan bantuan kepada siswa yang benar-benar tidak mampu. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VIII B semester ganjil SMP Negeri 1 Glenmore tahun ajaran 2010/2011. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus yang masing- masing siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, metode wawancara, metode tes dan metode dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa penerapan metode pembelajaran kooperatif model TAI dapat meningkatkan ativitas dan hasil belajar siswa. Rata-rata aktivitas perhatian siswa terhadap pelajaran meningkat dari siklus I sebesar 75,71% menjadi 84,29%, mengerjakan tugas meningkat dari siklus I sebsesar 65,71% menjadi 78,57% pada siklus II, aspek kualitas interaksi siswa meningkat dari siklus I sebesar 62,85% menjadi 78.57% pada siklus II, dan aspek bertanya juga mengalami peningkatan dari 52,85% menjadi 62,86% pada siklus II. Sedangkan taraf pencapaian ketuntasan belajar secara klasikal pada siklus I sebesar 80% dan pada siklus II sebesar 91,42%. Oleh karena itu metode pembelajaran kooperatif model TAI dapat digunakan sebagai alternatif dalam meningktakan aktivitas dan hasil belajar siswa.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/9805
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15281]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository