Penentuan Strategi Pemasaran pada Pia Warung Glenmore Kecamatan Glenmore Kabupaten Banyuwangi
Abstract
Perkembangan dunia kuliner sekarang ini sangatlah pesat, dilihat dari banyaknya restoran atau rumah makan dengan berbagai konsep yang tersebar di setiap plosok daerah. Setiap rumah makan memiliki keunggulan tersendiri atas produk yang ditawarkannya, di mana keunggulan tersebut akan menarik minat konsumen untuk mengkonsumsi produk yang ditawarkan. Untuk itu dibutuhkan strategi yang tepat sasaran yang akan dapat menyelamatkan perusahaan dari ancaman–ancaman yang akan terjadi di masa yang akan datang. SWOT adalah perangkat umum yang dirancang dan diterapkan sebagai langkah permulaan dalam proses penetapan keputusan dan sebagai perencanaan strategis dalam berbagai terapan (Wahid:2009).
Pia Warung Glenmore Kecamatan Glenmore Kabupaten Banyuwangi adalah rumah makan dan pusat oleh-oleh yang memiliki berbagai olahan masakan rumahan dan juga oleh-oleh. Pia Warung Glenmore berdiri sejak tahun 1987, yang kemudian berkembang hingga sekarang dan merupakan pelopor penjualan produk olahan pia berbagai rasa di Kabupaten Banyuwangi dan sekitarnya. Produk yang paling digemari dari Pia Warung Glenmore adalah bakpia, di mana bakpia di Pia Warung Glenmore memiliki ciri khas yaitu terdapat berbagai macam isi seperti keju, cokelat, kacang hijau, nanas, durian, pisang keju, ketela ungu, ayam, pisang cokelat, pandan di dalamnya yang pada umumnya isian bakpia hanya sebatas kacang hijau dan juga adonannya yang berlapis lapis serta gurih membuat rasanya makin nikmat.
Pia Warung Glenmore menawarkan harga yang terjangkau untuk masing-masing menu sehingga menarik minat konsumen untuk membeli sekedar untuk oleh-oleh ataupun untuk disantap bersama keluarga di rumah.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa posisi perusahaan pada penelitian ini adalah terdapat pada kuadran I yaitu kuadran yang mendukung kebijakan pertumbuhan yang agresif, maksudnya perusahaan harus lebih giat dalam mengatasi perkembangan pasar yang kompetitif dalam rangka meningkatkan pertumbuhan pasar.