dc.description.abstract | Komunikasi pemasaran merupakan salah satu yang digunakan oleh suatu
perusahaan untuk mencapai tujuan perushaan yakni memperoleh laba demi
kelangsungan hidup perusahaan. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui
implementasi bauran komunikasi pemasaran yang dilaksanakan oleh PT. Indoroti
Prima Cemerlang Cabang Jember. Komunikasi pemasaran dapat
menginformasikan, membujuk dan mengingatkan konsumen atas produk
perusahaan yang selanjutnya berfungsi untuk mempengaruhi keputusan masyarakat
untuk membeli produk yang pada akhirnya dapat membangkitkan dan
mempengaruhi keinginan konsumen untuk membeli produk.
Lokasi penelitian berada di Jl. Pierre Tendean Desa Karangrejo Kecamatan
Sumbersari Kabupaten Jember penelitian ini merupakan penelitian deskriptif
dengan paradigma kualitatif. Metode pengambilan data dalam penelitian ini melalui
wawancara, observasi dan dokumentasi sedangkan analisis data menggunakan
teknik analisis domain dan taksonami. Penentuan informannya menggunakan
teknik sampling bola salju (snowballing sampling) dan melakukan triangulasi untuk
mengecek ulang derajat kepercayaan suatu informasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam pelaksanaan komunikasi
pemasaran perusahaan menggunakan bauran komunikasi pemasaran meliputi
periklanan, promosi penjualan, acara dan pengalaman, pemasaran langsung serta
penjualan personal. Kegiatan bauran komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh
perusahaan yaitu Periklanan merupakan salah satu cara yang digunakan oleh
perusahaan PT. Indoroti Prima Cemerlang Cabang Jember sebagai alat komunikasi
pemasaran. Periklanan dilaksanakan bertujuan untuk mengingatkan konsumen karena dilakukannya berulang kali dan memberikan kesan yang baik kepada
konsumen. Tujuan dari periklanan ini adalah untuk menginformasikan keunggulan
serta akan keberadaan produk roti Mr.Bread dari PT. Indoroti Prima Cemerlang
Cabang Jember kepada konsumen. Periklanan yang dilakukan oleh perusahaan,
pertama pemberian kalender, pemberian kalender sebagai bentuk untuk dapat
meninformasikan mengenai keberadaan produk roti Mr.Bread agar dapat
memberikan informasi ke orang-orang terdekat, jadi pengetahuan informasi akan
mudah disebarkan. Efektif dilakukan yaitu sederhana dan mudah disimpan, selain
itu efisien dilakukan karena tidak membutuhkan anggaran yang besar. Penyebaran
kalender disebarkan pada warga yang rumahnya berdekatan dengan pabrik. Kedua
yaitu pemasangan banner, pemasangan banner biasanya dipasang di depan toko
Indomaret dan pada saat perusahaan melakukan kerjasama dengan instansi-instansi
penyelenggara event ataupun pameran dagang. Perusahaan merasa pemasangan
banner cukup efektif dilakukan bahwasannya masyarakat umum akan mudah
melihatnya. | en_US |