Pengaruh Karakteristik Merek, Karakteristik Perusahaan, Karakteristik Pelanggan Merek Terhadap Loyalitas Pelanggan Speedy Pada PT. Telkom Kandatel Banyuwangi
Abstract
Karakteristik merek memainkan peran yang vital dalam
menentukanapakah pelanggan memutuskan untuk percaya pada suatu
merek.Karakteristik perusahaan juga dapat mempengaruhi tingkat
kepercayaanpelanggan pada sebuah merek. Pengetahuan konsumen terhadap
merekperusahaan kemungkinan akan mempengaruhi penilaiannya terhadap
merekperusahaan.Karakteristik pelanggan merek merupakan suatu hubungan tidak
satu arah, setiap kelompok saling mempengaruhidalam hubungan dengan
kelompok lain. Sehingga, karakteristik pelanggan-merekdapat mempengaruhi
kepercayaan pelanggan terhadap merek. Karena menariknya permasalahan terkait
dengan konsep kepercayaan merek maka banyak sekali penelitian yang telah
dilakukan oleh para peneliti, baik melibatkan sebagian atau semua elemen dari
kepercayaan merek. Dari dasar itu peneliti tertarik untuk melihat bagaimana
Pengaruh Karakteristik Merek, Karakteristik Perusahaan, Karakteristik Pelanggan
Merek Terhadap Loyalitas Pelanggan Speedy Pada PT. Telkom Kandatel
Banyuwangi..
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang bersifat eksplanatori
riset kausalistikdan menggunakan metode survey. Teknik sampling yang
digunakan yaitu acak (random sampling). Data yang diperoleh dari 98 responden
selanjutnya ditabulasi dan dianalisis dengan uji regresi linear berganda
menggunakan program SPSS versi 14.0.
Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa secara simultan ketiga variabel
bebas yaitu karakteristik merek (X
1
), karakteristik perusahaan (X
), karakteristik
pelanggan merek (X
) memberikan pengaruh yang signifikan terhadap loyalitas
pelanggan (Y). Pengujian secara parsial juga menunjukkan semua variabel satu persatu memberikan pengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Variabel
bebas yang memberikan pengaruh dominan terhadap loyalitas pelanggan adalah
karakteristik pelanggan merek yang artinya indikator-indikator yang mendukung
program karakteristik pelanggan merek sangat berpengaruh terhadap loyalitas
pelanggan.