PENERAPAN METODE DISKUSI KELOMPOK DENGAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS POKOK BAHASAN KEANEKARAGAMAN KENAMPAKAN ALAM PADA SISWA KELAS IV SDN PEJARAKAN 02 LUMAJANG TAHUN PELAJARAN 2011/2012
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar
melalui pembelajaran Metode Diskusi Kelompok dengan Media Gambar mata
pelajaran IPS siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri Pejarakan 02 Kecamatan
Randuagung Kabupaten Lumajang Tahun Pelajaran 2011/2012. Pengambilan data
dalam penelitian ini, dilaksanakan di SDN Pejarakan 02Kecamatan Randuagung,
dimulai pada tanggal 18 Agustus 2011 sampai tanggal 10 September 2011, subyek
penelitian adalah siswa kelas IV dengan jumlah siswa 22 anak, terdiri dari 14 lakilaki
dan 8 perempuan. Jenis penelitian ini adalah menggunakan pendekatan kualitatif
dengan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pengumpulan data menggunakan metode
observasi, tes dan wawancara. Data yang dikumpulkan berupa analisis jawaban siswa
terhadap, tes akhir siklus I, dan tes akhir sklus II, analisis aktivitas siswa selama
proses pembelajaran IPS, dan dalam memecahkan masalah IPS, serta jawaban siswa
terhadap wawancara yang dilakukan peneliti.
Hasil analisis pada aktivitas siswa selama pembelajaran IPS siklus I
memperhatikan pelajaran 72%, bertanya dan mengeluarkan pendapat 69%, diskusi
dalam kelompok 73%, memecahkan soal diskusi 68%, semangat dalam pembelajaran
72%, sampai pembelajaran siklus II mengalami peningkatan, memperhatikan
pelajaran 77%, bertanya dan mengeluarkan pendapat 74%, diskusi dalam kelompok
81%, memecahkan soal diskusi 72%, dan semangat dalam pembelajaran 77%. Hasil
analisis ketuntasan belajar siswa yang diperoleh dari persentase ketuntasan belajar
kuis pada siklus I secara klasikal sebesar 59.09% dan siklus II secara klasikal sebesar
82%.
Kesimpulan yang didapat dari hasil analisis data dan pembahasan adalah
terjadi peningkatan aktivitas dan prestasi belajar melalui pembelajaran metode
diskusi kelompok dengan media gamabar mata pelajaran IPS. Dari hasil penelitian,
bila penerapan metode diskusi dan media gambar diterapkan dalam pembelajaran
IPS,maka guru hendaknya lebih memperhatikan pengelolaan kelas dan menguasai
materi- materi yang disampaikan agar kegiatan pembelajaran dapat dilakukan dengan
baik.