• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA POKOK BAHASAN SUSUNAN BUMI PADA MATA PELAJARAN IPA MELALUI METODE RESITASI BAGI SISWA KELAS V SDN SUMBERSARI 1 KABUPATEN JEMBER

    Thumbnail
    View/Open
    Sari Riski Wati - 090210204097_1.pdf (1.928Mb)
    Date
    2013-12-18
    Author
    Sari Riski Wati
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Banyak faktor yang menjadi penyebab rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa khususnya pada mata pelajaran IPA, salah satunya adalah metode pembelajaran yang diterapkan oleh guru. Berdasarkan hasil observasi di SDN Sumbersari 1, diketahui bahwa dalam kegiatan pembelajaran, guru masih menggunakan metode ceramah kepada siswa. Hal ini menyebakan kurangnya pemahaman siswa terhadap konsep materi IPA yang diajarkan. Dalam pembelajaran dengan menerapkan metode resitasi, siswa dapat lebih aktif karena pemberian tugas akan memperbesar frekuensi pengulangan materi atau dengan memperbanyak latihan dapat merangsang siswa untuk memperdalam pemahaman serta pengertian tentang materi pelajaran. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V SDN Sumbersari 1 Kabupaten Jember dalam mata pelajaran IPA pada pokok bahasan susunan bumi melalui penerapan metode resitasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V SDN Sumbersari 1 Kabupaten Jember dalam mata pelajaran IPA pada pokok bahasan susunan bumi melalui penerapan metode resitasi. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Sumbersari 1 Jember dengan subjek penelitian seluruh siswa kelas V yang berjumlah 40 siswa yang terdiri atas 23 siswa perempuan dan 17 siswa laki-laki. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas ix siklus, masing-masing siklus sebanyak dua pertemuan dengan menerapkan metode resitasi dalam pembelejaran IPA. Pada siklus I kegiatan awal dilakukan dengan menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran x media penunjang pengerjaan tugas setelah menjelaskan petunjuk terlebih dahulu. Guru juga memberikan pengarahan lebih lanjut agar tidak ada perbedaan dalam pemilihan anggota kelompok sehingga interaksi siswa lebih baik daripada siklus sebelumnya. Guru juga membimbing dan mengarahkan siswa dalam menyederhanakan kalimat sebagai bentuk pertanggungjawaban dari tugas. Kegiatan akhir, siswa termotivasi ketika pelaksanaan presentasi, hal ini ditunjukkan banyaknya siswa yang mengajukan diri untuk melaporkan tugasnya didepan kelas. Guru membimbing siswa untuk menarik kesimpulan terhadap materi yang diajarkan dan memberikan pertanyaan kepada siswa untuk mengetahui sejauh mana pemahaman terhadap materi. Pengorganisasian waktu sudah baik namun guru kurang merata dalam memberikan pertanyaan, hal ini tidak boleh dibiarkan karena menimbulkan kebiasaan buruk pada siswa yang pasif. Pelaksanaan penerapan metode resitasi dalam pembelajaran IPA pokok bahasan susunan bumi pada siswa kelas V SDN Sumbersari 1 Jember berjalan sesuai dengan rencana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas dan hasil belajar siswa selama pembelajaran IPA dengan menggunakan metode resitasi mengalami peningkatan. Persentase aktivitas siswa secara klasikal pada siklus I sebesar 65,53% dengan kategori aktif pada siklus II sebesar 80,6% dengan kategori sangat aktif. Peningkatan aktivitas siswa dari siklus I ke siklus II sebesar 15,07%, sedangkan untuk hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan dalam setiap pertemuannya. Persentase hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 55% meningkat sebesar 85% pada siklus II. Peningkatan hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II sebesar 30%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan metode resitasi dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA siswa kelas V pokok bahasan susunan bumi di SDN Sumbersari 1 Jember. Saran dari penelitian ini bagi guru adalah diharapkan mampu menerapkan metode resitasi dalam pembelajaran IPA sebagai upaya dalam meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/9787
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15423]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository