Kualitas Pelayanan Pelaporan SPT Tahunan Pajak Berbasis E-Government Dengan Menggunakan E-Filling (Studi Kasus Karyawan Universitas Jember)
Abstract
Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan tentang Pelaporan SPT
Tahunan Pajak Berbasis E-Government Dengan Menggunakan E-Filling (Studi
Kasus Karyawan Universitas Jember). Sampel dalam penelitian ini berjumlah 40
orang. Penelitian ini menggunakan tipe penelitian deskriptif kuantitatif. Jenis data
terdiri dari data primer yang diperoleh melalui kuesioner, wawancara dan
observasi langsung di lapangan, sedangkan data sekunder bersumber dari data
KPP Pratama Jember, dokumen-dokumen, peraturan-peraturan yang berkaitan
dengan masalah yang akan diteliti.
Hasil analisis menunjukkan kualitas pelayanan e-government melalui efiling pajak pada kantor KPP Pratama Jember adalah memiliki kualitas baik berdasarkan hasil kuisioner yang disebarkan kepada para wajib pajak yang
terdaftar di KPP Pratama Jember yang dalam penelitian ini berfokus pada
karyawan Universitas Jember. Berdasarkan enam dimensi yang digunakan yakni
dimensi kemudahan, kepercayaan, dimensi kehandalan, dimensi fungsi dan
interaksi, dimensi isi dan tampilan serta yang etrakhir adalah dimensi pendukung.
Dari keenam dimensi tersebut rata-rata yang diperoleh dari seluruh indikator
disetiap dimensinya lebih dari 2,52 – 3,27 sehingga dapat disimpulkan bahwa
kualitas pelayanan pembayaran pajak melalui system e-filing pajak adalah
berkualitas atau baik menurut responden yaknik karyawan Universitas Jember.