Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Wajib Pajak Orang Pribadi Terhadap Penggunaan E-Filling (Studi Kasus Pada Kpp Pratama Jember)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi
perilaku wajib pajak orang pribadi terhadap penggunaan e-filling (studi kasus pada
KPP Pratama Jember). Jenis penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif. Sumber data
yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer. Data primer berupa data
yang diperoleh langsung dari wajib pajak yang terdaftar di KPP Pratama Jember.
Teknik analisi data yang digunakan oleh peneliti adalah Analisis Regresi Linier
Berganda. Tahapan yang peneliti lakukan dimulai dari pengumpulan data,
menentukan varibel independen dan variabel dependen, melakukan analisis deskriptif
dengan menggunakan uji instrument, analisis regresi linier berganda, uji hipotesis dan
penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa Persepsi kebermanfaatan
berpengaruh positif terhadap Intensitas Perilaku Dalam Penggunaan E-filling.
Persepsi Kemudahan berpengaruh positif terhadap Intensitas Perilaku Dalam
Penggunaan E-filling. Persepsi Keamanan dan Kerahasiaan berpengaruh positif
terhadap Intensitas Perilaku Dalam Penggunaan E-filling. Persepsi Kesiapan
Teknologi Informasi Wajib Pajak berpengaruh positif terhadap Intensitas Perilaku
Dalam Penggunaan E-filling. Persepsi Kecepatan Penggunaan E-filling (Speed)
berpengaruh positif terhadap Intensitas Perilaku Dalam Penggunaan E-filling.