Analisis Kepuasan Pelanggan Terhadap Kualitas Pelayanan PT. Kereta Api Indonesia Kereta Api (Persero) Sritanjung Kelas Ekonomi AC
Abstract
Pelayanan merupakan kunci keberhasilan dalam berbagai usaha atau kegiatan
yang bersifat jasa. Peran pelayanan akan lebih besar dan bersifat menentukan
manakala dalam kegiatan-kegiatan jasa di masyarakat terdapat kompetisi dalam usaha
merebut pasar atau langganan.
Transportasi sebagai salah satu usaha jasa menjadi masalah yang cukup
penting bagi suatu negara. Indonesia merupakan salah satu negara berkembang
dengan keadaan yang demikian maka mayoritas penduduk di Indonesia berada pada
kelas ekonomi menengah kebawah. Berdasarkan kondisi perekonomian masyarakat
yang demikian maka alat transportasi yang diinginkan oleh masyarakat adalah sarana
transportasi yang memiliki karakteristik murah, mudah didapat, dan dapat
mengangkut secara massal. Kereta api merupakan salah satu transportasi angkutan
darat yang memiliki banyak kelebihan, Salah satu kelebihan dari kereta api yaitu
dapat mengangkut banyak orang dalam sekali perjalanan atau bersifat masal, irit
bahan bakar, effisien, hemat pemakaiaan lahan, ramah lingkungan serta adaptif
terhadap perkembangan teknologi. Pengelolaan kereta api di Indonesia telah
ditangani oleh PT. Kereta Api Indonesia (Persero)sebagai BUMN perketaapian di
Indonesia.
Masalah kualitas pelayanan menjadi sebuah permasalahan serius yang harus
dihadapi oleh PT. Kereta Api Indonesia (Persero)DAOP IX Jember. Dalam
memberikan pelayanan yang maksimal maka PT. Kereta Api Indonesia (Persero)menetapkan suatu standar pelayanan yaitu standart operation prosedure (SOP)dan
standar pelayanan minimum (SPM)yang digunakan sebagai pedoman dalam
memberikan pelayanan kepada penumpang guna mewujudkan suatu pelayanan prima.
Selain untuk meningkatkan pelayanan, tujuan penyusunan standart operation
prosedure (SOP)dan standar pelayanan minimum (SPM)adalah untuk meningkatkan
citra dari perusahaan yang bersangkutan yaitu PT. Kereta Api Indonesia(Persero).Tujuan penelitian ini adalah ”Untuk Mendiskripsikan Kepuasan Pelanggan
terhadap Kualitas Pelayanan PT. Kereta Api Indonesia (Persero) kelas Ekonomi AC, penelitian yang dilakukan penulis menggunakan metode penelitian kuantitatif
dengan pendekatan deskriptif. Metode penelitian atau alat penelitian yang dipakai
dalam penelitian ini adalah Service Quality (ServQual) yakni untuk mengukur
kualitas pelayanan yang diberikan pada pelanggan. Pengukuran kualitas pelayanan
dalam model ini didasarkan pada beberapa item yang dirancang untuk mengukur
harapan dan persepsi pelanggan. Kesenjangan antara persepsi dan harapan tersebut
dilihat berdasarksan lima dimensi kualitas yang langsung dapat dinilai oleh
pelanggannya yaitu: Bukti Langsung, keandalan, daya tanggap, empati, jaminan,Hasil penelitian yang diperoleh melalui hasil perhitungan menggunakan model
ServQual diketahui bahwa Kualitas pelayanan penumpang PT. Kereta Api Indonesia
(Persero) DAOP IX kereta api kelas Sritanjung kelas ekonomi AC memperoleh skor
sebesar -23,6 dengan skor harapan responden sebesar 92,9 dan skor persepsi
responden sebesar 69,3 yang dapat dikatakan bahwa pelayanan penumpang kereta api
kelas ekonomi AC adalah tidak memuaskan karena harapan responden lebih besar
daripada persepsi yang dirasakan. Sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa tuntutan
masyarakat akan pelayanan kereta api kelas ekonomi AC yang baik, cepat, tanggap
dan akurat belum dapat terpenuhi dengan maksimal.