dc.description.abstract | Perkembangan Industri pariwisata di Indonesia memang sangatlah pesat
dari tahun ke tahun karena keragaman wisata Indonesia yang menarik, mulai dari
wisata religi, wisata alam, wisata sejarah, dan masih banyak lagi. Banyak faktor
yang dapat mempengaruhi seseorang untuk melakukan wisata salah satunya untuk
bersenang-senang. Perkembangan industri pariwisata di Indonesia juga
memberikan dampak positif di antaranya dapat membuka lapangan pekerjaan,
meningkatkan pendapatan daerah, dan lain sebagainya. Industri pariwisata
merupakan industri yang bergerak di bidang jasa, tolok ukur kepuasan pelanggan
dalam industri jasa pariwisata adalah kualitas fasilitas umum, prasarana umum,
dan fasilitas pariwisata yang disediakan yang diharapkan sejalan dengan
meningkatnya kepuasan wisatawan yang berkunjung di Wana Wisata Pantai
Tanjung Papuma. Jika Fasilitas dan pelayanan yang tersedia memadai dan sesuai
dengan ekspektasi maka pelanggan akan merasa puas.
Fenomena di atas menjadi dasar dalam penelitian ini yang bertujuan untuk
mengetahui pengaruh ekspektasi wisatawan dan citra destinasi terhadap kepuasan
wisatawan di wana wisata pantai Tanjung Papuma Kabupaten Jember. Objek
Penelitian ini berada di Wana Wisata Pantai Tanjung Papuma dengan sampel
sebanyak 100 orang. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier
berganda dengan variabel bebas yaitu ekspektasi wisatawan dan citra destinasi.
Sementara sebagai variabel terikat adalah kepuasan wisatawan.
Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan bahwa faktor ekspektasi
wisatawan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan wisatawan. Kemudian
faktor citra destinasi secara parsial juga berpengaruh terhadap kepuasan
wisatawan di wana wisata pantai Tanjung Papuma. | en_US |