Pembelian Spontan Konsumen Sebagai Akibat Dari Visual Merchandising, Gaya Hidup Berbelanja Dan Promosi Penjualan Miniso Lippo Plaza Jember
Abstract
Perkembangan bisnis di era modern memicu munculnya beragam
perusahaan ritel modern di kota-kota besar. Perkembangan bisnis ritel di
Indonesia didukung dengan adanya daya beli masyarakat Indonesia yang mana
juga menyebabkan terjadinya perubahan perilaku konsumen dalam mengambil
keputusan pembelian. Keputusan mereka dalam membeli ada yang sudah
direncanakan sebelum mereka datang ke toko, namun ada pula yang memutuskan
untuk membeli sesuatu justru saat berada di toko.
Miniso merupakan toko ritel modern asal Jepang yang mulai masuk ke
Indonesia di awal tahun 2016 dan Oktober 2017 Miniso membuka cabang di
Jember yang berada di lantai 2 Lippo Plaza Jember. Produk-produk Miniso
sebagian besar meliputi peralatan rumah tangga, produk fashion, peralatan kantor,
alat tulis, dan lain-lain. Miniso mengusung tema warna yang colorful dan kalem.
Produk-produknya yang eyecatching mampu menarik minat konsumen untuk
berbelanja.
Dalam penelitian ini yang menjadi responden penelitian adalah semua
konsumen Miniso yang pernah berbelanja secara spontan di Miniso Lippo Plaza
Jember. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner
kepada 108 responden. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini
adalah Analisis Regresi Linier Berganda dengan Variabel Laten dengan variabel
bebas yaitu visual merchandising, gaya hidup berbelanja dan promosi penjualan
serta pembelian spontan sebagai variabel terikat.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa visual merchandising, gaya
hidup berbelanja dan promosi penjualan berpengaruh secara signifikan terhadap
pembelian spontan di Miniso Lippo Plaza Jember