Penerapan Target Costing Dalam Penentuan Harga Jual Pada Produsen Suwar-Suwir di Jember (Studi Pada UD Purnama Jati dan UD Mutiara Rasa)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penentuan harga jual suwarsuwir pada UD Purnama Jati dan UD Mutiara Rasa menggunakan target costing. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi, serta menggunakan data primer dan sekunder. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan pada UD Purnama Jati dan UD Mutiara Rasa menunjukkan bahwa dengan penerapan target costing melalui rekayasa nilai (value engineering), kedua perusahaan tersebut tetap dapat memperoleh laba dari harga jual per unit sesuai yang mereka inginkan yaitu sebesar 30% pada UD Purnama Jati dan 20% pada UD Mutiara Rasa. Jadi, apabila UD Purnama Jati dan UD Mutiara Rasa ingin menaikkan harga jual dari produk suwar-suwir mereka, maka kedua perusahaan tersebut akan memperoleh laba yang lebih besar. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan target costing dalam penelitian ini menunjukkan keberhasilan karena kedua perusahaan dapat menentukan harga jual paling terendah diantara harga pasar saat ini, namun mereka tetap memperoleh laba sesuai yang diinginkan dan dapat mengelola biaya produksi dengan baik.