• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA POKOK BAHASAN GAYA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF SNOWBALL THROWING DENGAN MEDIA ASLI PADA SISWA KELAS IV SDN AMPEL 02 WULUHAN JEMBER TAHUN PELAJARAN 2010/2011

    Thumbnail
    View/Open
    Skripsi_1.pdf (7.864Mb)
    Date
    2013-12-18
    Author
    S U L I S T Y A N I
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar belajar melalui pembelajaran kooperatif snowball throwing dengan media asli mata pelajaran IPA siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri Ampel 02 Kecamatan Wuluhan Kabupaten ix Jember Tahun Pelajaran 2010/2011. Subyek penelitian adalah siswa kelas IV dengan jumlah siswa 25 anak, terdiri dari 15 laki-laki dan 10 perempuan, Pengambilan data dalam penelitian ini dilaksanakan di SDN Ampel 02 Kecamatan Wuluhan, dimulai pada tanggal 11 Januari 2011 sampai tanggal 22 Januari 2011. Desain penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pengumpulan data telah dilakukan dengan metode observasi, tes, wawancara dan dokumentasi. Data yang telah terkumpul di analisis dengan menggunakan teknik analisis statistik deskriptif, data yang di analisis adalah aktivitas belajar siswa dan ketuntasan hasil belajar siswa dalam pembelajaran. Kesimpulan dari penelitian ini diperoleh hasil analisis aktivitas belajar siswa selama pembelajaran IPA menggunakan pembelajaran kooperatif snowball throwing dengan media asli pada pembelajaran siklus 1 diperoleh 55,33% dan pembelajaran siklus 2 memperoleh 76,67%, sehingga mengalami peningkatan sebanyak 21,34%. Kemudian analisis hasil belajar IPA juga mengalami peningkatan yaitu pada pembelajaran siklus I sebesar 72%, ke siklus 2 sebesar 84% mengalami peningkatan sebesar 12%. Pemerolehan hasil akhir dalam penelitian ini dinyatakan telah sesuai dengan yang diharapkan oleh peneliti terbukti dengan hasil analisis aktivitas belajar siswa selama pembelajaran IPA menggunakan pembelajaran kooperatif snowball throwing dengan media asli pada siklus 2 mencapai 76,67% yang termasuk kriteria aktif, sedangkan pada analisis hasil belajar siklus 2 mencapai 84% yang termasuk kriteria baik.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/9773
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15281]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository