dc.description.abstract | Nilai perusahaan merupakan refleksi penilaian oleh publik terhadap
kinerja perusahaan secara riil terlihat dari harga saham, sehingga mampu
mempengaruhi persepsi para investor terhadap tingkat keberhasilan suatu
perusahaan. Kinerja perusahaan ditekankan pada aspek kinerja keuangan
(financial performance) karena laporan keuangan digunakan sebagai indikator
untuk menilai kinerja perusahaan dan memberikan informasi keadaan perusahaan
berdasarkan nilai aset dan utang yang tercermin dari neraca perusahaan. Faktor
yang mempengaruhi nilai perusahaan diantaranya dalam penelitian ini adalah
leverage, IOS (Investment Opportunity Set), likuiditas, profitabilitas, pembagian
dividen dan ukuran perusahaan.
Penelitian ini berjenis explanatory research. Populasi yang digunakan
perusahaan manufaktur yang go public di Bursa Efek Indonesia pada periode
tahun 2013-2017. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive
sampling sehingga diperoleh 41 perusahaan yang dijadikan objek penelitian. Jenis
data pada penelitian ini merupakan data sekunder yang berupa laporan tahunan
perusahaan yang diperoleh dari situs resmi Bursa Efek Indonesia. Variabel
dependen yang digunakan adalah nilai perusahaan sedangkan variabel independen
yang digunakan adalah leverage, IOS (Investment Opportunity Set), likuiditas,
profitabilitas, pembagian dividen dan ukuran perusahaan.
Hasil penelitian ini menujukkan bahwa leverage memiliki pengaruh
negatif dan signifikan terhadap determinan nilai perusahaan. IOS (Investment
Opportunity Set), profitabilitas, dan ukuran perusahaan memiliki pengaruh positif
dan signifikan terhadap nilai perusahaan, sedangkan pada likuiditas dan
pembagian dividen menunjukkan pengaruh yang tidak signifikan terhadap nilai
perusahaan. | en_US |