Pengaruh Faktor Psikologis Game Streamer Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online Melalui Shopee
Abstract
Perkembangan online shop melalui media internet sudah menajamur di
Indonesia, banyaknya kemudahan dalam berbelanja online dan banyaknya produk
yang dijual membuat masyarakat Indonesia menjadikan online shop sebagai salah
satu "market place" baru selain pusat perbelanjaan. Munculnya online shop
membawa fenomena baru atau gaya hidup baru dikalanagan masyarakat
Indonesia, masyarakat lebih suka berbelanja online dibandingkan pergi langsung
ke toko atau pusat perbelanjaan. Peningkatan penggunaan internet di Indonesia
sebesar 123 juta pada tahun 2018 membuat banyaknya aplikasi online shop
bermunculan, seperti lazada, tokopedia, buka lapak, blibli, dan shopee. Dengan
banyaknya aplikasi online shop yang ada membuat persaingan online shop
menjadi ketat, sehingga para developer aplikasi berlomba-lomba untuk memahami
kebutuhan dan keinginan konsumenya dengan cara mempelajari perilaku
konsumenya dalam keputusan pembelian secara online. Faktor psikologis
merupakan salah satu dari faktor yang mempengaruhi konsumen dalam keputusan
pembelian, faktor ini menarik dibahas karena faktor psikologis berasal dari dalam
diri konsumen. Penelitian dilakukan pada tahun 2018 dengan menggunakan
survey online untuk mendapatkan data dari responden.
Penelitian ini merupakan explanatory research, populasi dalam penelitian
ini adalah konsumen shopee yang merupakan anggota dalam komunitas game
streamer Indonesia. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive
sampling, dengan kriteria responden merupakan pengguna aplikasi shopee selama
kurun waktu minimal 1 bulan, responden pernah melakukan pembelian minimal
sekali dalam kurun waktu 6 bulan, dan responden merupakan anggota komunitas
game streamer Indonesia. Jumlah sampel sebanyak 105 responden.. Metode
analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linear
berganda.