• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VA POKOK BAHASAN PERISTIWA-PERISTIWA SEKITAR PROKLAMASI KEMERDEKAAN 17 AGUSTUS 1945 MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL MELALUI PENERAPAN MODEL ROLE PLAYING SDN SUMBERSARI 01 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2011/2012

    Thumbnail
    View/Open
    ERNI DWI JAYANTI - 080210204054_1.pdf (374.3Kb)
    Date
    2013-12-18
    Author
    Erni Dwi Jayanti
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Ilmu pengetahuan sosial (IPS) adalah materi pelajaran yang dipilih dari konsep disiplin ilmu sosial dan humaniora, yang diorganisasikan dan disajikan secara ilmiah dan psikologis untuk tujuan pendidikan. Ilmu sosial mempelajari tentang kemasyarakaan yakni mempelajari manusia dan manusia lainnya, individu, kelompok, seperti sosiologi, ekonomi, politik, dan geografi, antropologi, ppsikologi dan humaniora. Oleh karena itu diperlukan strategi khusus untuk mencapai tujuan dari IPS yaitu dengan menggunakan model role playing. Pembelajaran IPS di sekolah dasar pada umumnya masih menggunakan metode konvensional yaitu metode ceramah. Berdasarkan hasil observasi di SDN Sumbersari 01 jember, terdapat permasalahan yaitu hasil belajar dan aktivitas siswa kelas VA masih kurang dari kriteria ketuntasan minimal (yaitu 65 yang telah disesuaikan dengan kriteria ketuntasan secara nasional) yang telah ditetapkan oleh SDN Sumbersari 01 Jember. Salah satu cara untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VA pada mata pelajaran IPS ini adalah melalui model role playing pada pokok bahasan peristiwa-peristiwa sekitar proklamasi kemerdekaan 17 agustus 1945. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS pokok bahasan peristiwa-peristiwa sekitar proklamasi kemerdekaan 17 Agustus 1945 dengan menerapkan model role playing kelas V SDN Sumbersari 01 Jember tahun ajaran 2011/2012?.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/9765
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15281]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository