Show simple item record

dc.contributor.authorRosalina Prilli Ayu Wardhani
dc.date.accessioned2013-12-18T03:15:13Z
dc.date.available2013-12-18T03:15:13Z
dc.date.issued2013-12-18
dc.identifier.nimNIM090210204008
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/9764
dc.description.abstractMenulis karangan narasi salah satu dari keterampilan berbahasa yang harus dikuasai dengan baik oleh siswa sekolah dasar, karena menulis tidak serta merta dimiliki oleh setiap anak sejak lahir melainkan membutuhkan proses yang panjang melalui pembelajaran. Kenyataannya, kemampuan menulis karangan narasi siswa kelas IV SDN 3 Tlogosari Sumbermalang Situbondo masih rendah, kurangnya pemahaman siswa dalam memilih kalimat untuk menyusun sebuah karangan dan kurangnya kemampuan siswa dalam menemukan ide pada saat membuat karangan narasi. Begitu juga penggunaan tanda baca seperti tanda titik, koma, dan penggunaan huruf kapital, masih kurang. Untuk mengatasi masalah tersebut diperlukan media pembelajaran yang membuat siswa tertarik untuk belajar menulis karangan narasi. Rumusan masalah penelitian ini adalah: 1) xi Rancangan penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas di SDN 3 Tlogosari. Variabel dalam penelitian ini yaitu kemampuan menulis karangan narasi dan skor hasil belajar siswa. Data diperoleh dari siswa dan guru kelas IV SDN 3 Tlogosari Sumbermalang Situbondo Tahun Pelajaran 2012/2013. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa peningkatan kemampuan menulis karangan narasi dengan menggunakan media gambar berseri berjalan dengan baik. Proses peningkatan kemampuan menulis karangan narasi dengan menggunakan media gambar berseri terdiri atas 2 siklus dan masing-masing siklus terdiri atas 2 pertemuan. Siklus pertama ada beberapa kekurangan yaitu siswa belum mampu membuat kerangka karangan dengan baik dan tidak mampu menggunakan ejaan dengan baik dan benar. Kekurangan-kekurangan tersebut diperbaiki pada tahap siklus 2 dengan cara guru menyajikan gambar berseri di papan tulis dan meminta beberapa siswa maju ke depan untuk membuat kerangka karangan sesuai dengan gambar, selanjutnya guru menjelaskan kembali tentang cara penggunaan tanda baca dan huruf kapital yang baik dan benar. Hal tersebut dilaksanakan agar hasil belajar siswa pada siklus 2 meningkat. Pada tahap prasiklus, dari 30 siswa, hanya 11 siswa Saran untuk guru, diharapkan menggunakan media gambar berseri untuk meningkatkan hasil belajar khususnya pada materi menulis karangan narasi. Untuk sekolah diharapkan dapat menyediakan media pembelajaran untuk menunjang suksesnya proses belajar mengajar di sekolah. Saran bagi peneliti lain, diharapkan dapat menggunakan media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar bagi siswa yang akan diteliti seperti media pembelajaran yang digunakan pada penelitian ini.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries090210204008;
dc.subjectKEMAMPUAN MENULIS KARANGAN NARASI DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR BERSERIen_US
dc.titlePENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN NARASI DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR BERSERI SISWA KELAS IV SDN 3 TLOGOSARI SUMBERMALANG SITUBONDO TAHUN PELAJARAN 2012/2013 SISWA KELAS IV SDN 3 TLOGOSARI SUMBERMALANG SITUBONDO TAHUN PELAJARAN 2012/2013 SISWA KELAS IV SDN 3 TLOGOSARI SUMBERMALANG SITUBONDO TAHUN PELAJARAN 201en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record