Analisis Berpikir Kreatif Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Tes PISA Matematika Konten SPACE & SHAPE
Abstract
Programme for International Student Assessment (PISA) merupakan sistem
ujian yang diinisiasi oleh Organisation for Economic Cooperation and
Development (OECD), untuk mengevaluasi sistem pendidikan dari 72 negara di
seluruh dunia. Setiap 3 tahun, siswa berusia 15 tahun dipilih secara acak untuk
mengikuti tes dari tiga kompetensi dasar yaitu membaca, matematika dan sains.
PISA bertujuan untuk menilai sejauh mana siswa telah menguasai pengetahuan dan
keterampilan yang telah didapatkannya di sekolah. Soal matematika PISA pada
penelitian ini hanya terfokus pada konten space & shape yakni berkaitan dengan
pokok pelajaran geometri. Adapun format soal PISA yang digunakan dalam
penelitian ini yakni open-constructed response items (soal uraian). Berdasarkan
hasil tes PISA tahun 2015 terdapat korelasi antara hasil tes PISA dengan hasil UN
(Ujian Nasional) yaitu semakin tinggi capaian nilai PISA maka secara signifikan
akan semakin tinggi pula hasil UN (Ujian Nasional) yang diperoleh
(https://puspendik.kemdikbud.go.id/seminar/upload/Hasil%20Seminar%20Puspen
dik%202016/Nizam-Hasil%20Penilaian_seminar%20puspendik%202016.pdf).