Peranan Room Attendant dalam Pelayanan Tamu di Hotel Dafam Lotus Jember
Abstract
Hotel Dafam Lotus Jember, hotel berstandar internasional berbintang tiga
dengan fasilitas bintang empat yang berlokasi di Jl Gatot Subroto No. 47, Jember.
Dalam hal ini penulis melaksanakan praktek kerja nyata di Hotel Dafam Lotus
Jember di salah satu departemen yaitu housekeeping sebagai room attendant.
Tujuan pelaksanaan praktik kerja nyata di Hotel Dafam lotus Jember yang
dilaksanakan pada tanggal 8 Januari 2018 hingga 7 Juni 2018 adalah untuk
mengetahui job description room attendant dalam pelayanan tamu di Hotel Dafam
Lotus Jember dan memberikan manfaat bagi mahasiswa, Universitas dan
perusahaan. Metode pengumpulan data yang digunakan penulis yaitu wawancara,
observasi dan studi pustaka.
Room attendant memiliki suatu tugas secara langsung dengan masalah
kamar pada suatu hotel. Dalam menjaga mutu pelayanan di Hotel Dafam Lotus
setiap room attendant memiliki tiga shift kerja yaitu morning shift, evening shift
dan night shift yang memiliki beban pekerjaan yang berbeda dalam setiap shift
guna mewujudkan pelayanan secara maksimal terhadap tamu selama menginap di
hotel. Seorang room attendant diituntut agar memiliki pengetahuan dan
keterampilan yang sesuai dalam membersihkan kamar, melengkapi kamar dan
menata kamar. Selama Praktek Kerja Nyata penulis bertanggung jawab atas job
description yang telah diberikan dan melaksanakan SOP yang berlaku di Hotel
Dafam Jember guna mewujudkan kenyaman dan kepuasan pada tamu. Oleh
karena itu, peran room Attendant dalam melaksakan tugas dan kewajibannya
harus memperhatikan SOP yang berlaku. Setiap job description memiliki SOP
yang berbeda beda seperti bagaimana mempersiapkan diri sebelum membersihkan
kamar, mepersiapkan peralatan yang akan digunankan sebelum membersihkan
kamar, dan mengerti tahapan yang dilakukan dalam proses membersihkan kamar
vacant dirty atau occupied dirty dan proses setelah pembersihan kamar. Hasil penulisan ini menunjukan bahwa room attendant mempunyai peran yang sangat
penting dalam pelayanan pembersihan kamar dengan memperhatikan SOP yang
berlaku di Hotel Dafam Lotus dan dilakukan secara maksimal guna mewujudkan
kepuasan dan kenyamanan terhadap tamu.