• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Social and Political Sciences
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Social and Political Sciences
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Peranan Room Attendant dalam Pelayanan Tamu di Hotel Dafam Lotus Jember

    Thumbnail
    View/Open
    David Ahmad Jakim-140903102040.pdf (1.270Mb)
    Date
    2019-05-30
    Author
    JAKIM, David Ahmad
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Hotel Dafam Lotus Jember, hotel berstandar internasional berbintang tiga dengan fasilitas bintang empat yang berlokasi di Jl Gatot Subroto No. 47, Jember. Dalam hal ini penulis melaksanakan praktek kerja nyata di Hotel Dafam Lotus Jember di salah satu departemen yaitu housekeeping sebagai room attendant. Tujuan pelaksanaan praktik kerja nyata di Hotel Dafam lotus Jember yang dilaksanakan pada tanggal 8 Januari 2018 hingga 7 Juni 2018 adalah untuk mengetahui job description room attendant dalam pelayanan tamu di Hotel Dafam Lotus Jember dan memberikan manfaat bagi mahasiswa, Universitas dan perusahaan. Metode pengumpulan data yang digunakan penulis yaitu wawancara, observasi dan studi pustaka. Room attendant memiliki suatu tugas secara langsung dengan masalah kamar pada suatu hotel. Dalam menjaga mutu pelayanan di Hotel Dafam Lotus setiap room attendant memiliki tiga shift kerja yaitu morning shift, evening shift dan night shift yang memiliki beban pekerjaan yang berbeda dalam setiap shift guna mewujudkan pelayanan secara maksimal terhadap tamu selama menginap di hotel. Seorang room attendant diituntut agar memiliki pengetahuan dan keterampilan yang sesuai dalam membersihkan kamar, melengkapi kamar dan menata kamar. Selama Praktek Kerja Nyata penulis bertanggung jawab atas job description yang telah diberikan dan melaksanakan SOP yang berlaku di Hotel Dafam Jember guna mewujudkan kenyaman dan kepuasan pada tamu. Oleh karena itu, peran room Attendant dalam melaksakan tugas dan kewajibannya harus memperhatikan SOP yang berlaku. Setiap job description memiliki SOP yang berbeda beda seperti bagaimana mempersiapkan diri sebelum membersihkan kamar, mepersiapkan peralatan yang akan digunankan sebelum membersihkan kamar, dan mengerti tahapan yang dilakukan dalam proses membersihkan kamar vacant dirty atau occupied dirty dan proses setelah pembersihan kamar. Hasil penulisan ini menunjukan bahwa room attendant mempunyai peran yang sangat penting dalam pelayanan pembersihan kamar dengan memperhatikan SOP yang berlaku di Hotel Dafam Lotus dan dilakukan secara maksimal guna mewujudkan kepuasan dan kenyamanan terhadap tamu.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/97590
    Collections
    • UT-Faculty of Social and Political Sciences [5612]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository