Gambaran Persepsi Mahasiswa Tentang Lingkungan Belajar Akademik Fakultas Keperawatan Universitas Jember
Abstract
Lingkungan merupakan sumber belajar yang berpengaruh terhadap proses
belajar dan perkembangan mahasiswa. Artinya, lingkungan belajar merupakan
suatu keadaan, serta berlangsungnya kegiatan belajar yang berpengaruh terhadap
mahasiswa. Lingkungan belajar juga merupakan kondisi dimana memberikan
rangsangan eksternal pada tiap individu, dapat dikatakan bahwa lingkungan
belajar adalah kekuatan interaktif dalam kegiatan belajar mengajar yang
mempengaruhi hasil belajar.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran persepsi
mahasiswa tentang lingkungan belajar akademik Fakultas Keperawatan
Universitas Jember. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan
menggunakan desain penelitian deskriptif dan teknik sampling menggunakan
proportionate stratified random sampling yang melibatkan 281 mahasiswa yang
masih aktif tahun akademik 2019/2020 sebagai responden penelitian. Data
dikumpulkan menggunakan kuesioner Dundee Ready Education Environment
Measure (DREEM) merupakan alat pengukuran untuk mengukur lingkungan
belajar. Analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis univariat.
Hasil yang diperoleh dari penelitian ini untuk persespi mahasiswa tentang
lingkungan belajar akademik keseluruhan dikategorikan baik dengan nilai skor
145,48. Pada setiap indikator yaitu, aspek proses pembelajaran dengan nilai skor
Collections
- UT-Faculty of Nursing [1529]